PHOTOGRAPHY WORKSHOP “CAPTURE THE MOVEMENT, POST THE MOMENT”

Fotografi sekarang ini menjadi hal yang banyak digemari oleh mahasiswa terutama dengan pesatnya media sosial yang memudahkan seseorang berbagi foto contohnya di Instagram. Untuk mendapatkan foto yang menarik untuk dipost diperlukan kemampuan untuk menentukan dan mengambil angle yang tepat. Untuk itu workshop ini diadakan agar boarder dapat memperdalam teknik mengambil foto dengan objek manusia (photography model) pada tanggal 12 Desember 2019. Photography model tidak hanya untuk boarder yang ingin memiliki “feeds ala selebgram” namun juga bermanfaat seperti pada online shop atau bisnis online dengan objek manusia maupun produk. Hal ini dikarenakan angle sangat mempengaruhi nilai jual sebuah produk.

Workshop dibawakan oleh dosen DKV BINUS University, Randy Indra Pradhana, S.Sn, M.Ds yang juga merupakan seorang fotografer professional. Sesi workshop dibagi menjadi 3, yaitu materi, praktek, dan photo competition. Di sesi pertama pembicara menjelaskan fungsi-fungsi pada kamera dan efek yang dihasilkan. Pembicara juga menunjukkan bagaimana menerapkan teori tersebut pada kamera handphone. Pembicara pun memberikan contoh langsung dengan memotret model yang sudah disediakan oleh panitia sehingga peserta menjadi lebih memahami materi yang diberikan.

Sesi dilanjutkan dengan praktek langsung. Seluruh peserta dibagi menjadi 4 kelompok, dimana 2 kelompok berlatih memotret produk (benda) dan 2 kelompok lainnya memotret model. Peserta tampak antusias mengambil foto model dan produk dari berbagai angle dan pose. Sembari peserta berlatih, pembicara berkeliling untuk memberikan masukan secara langsung kepada para peserta. Setelah seluruh peserta berlatih, mereka diminta mengirimkan satu foto terbaiknya ke grup LINE. Dari foto-foto yang disubmit, pembicara akan memilih 1 foto terbaik. Terdapat pula 1 foto terfavorit yang dipilih melalui vote seluruh peserta. Para pemenang mendapatkan hadiah kamera disposable dan frame foto. Acarapun kemudian diakhiri dengan foto bersama.