Peningkatan Kompetensi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Peningkatan Kompetensi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Melalui Program Bimbingan Atau Pelatihan Kepada Dosen dan Mahasiswa Untuk Berprestasi di PIMNAS.

Jumat, 13 Desember 2019 Student Club & Activity Center (SCAC) mengadakan Bimbingan Teknis Perbaikan dan Submit Proposal PKM ke Simbelmawa. Kegiatan ini diperuntukan kepada Binusian yang proposal PKM mereka telah dinyatakan lolos seleksi internal PKM di BINUS University dalam rangkaian Pekan Ilmiah Mahasiswa Binus (PIMNUS). Bimbingan ini bertujuan untuk membantu kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam hal teknis perbaikan proposal serta proses submit proposal PKM ke simbelmawa.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 50 perwakilan kelompok ini, dijelaskan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perbaikan proposal PKM yang akan disubmit menyesuaikan dengan pedoman PKM Tahun 2020 yang baru dikeluarkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dari aspek administrative dan konten proposal. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan singkat tentang perbedaan pedoman PKM tahun 2019 dengan pedoman PKM tahun 2020, dilanjutkan dengan review untuk perbaikan proposal dan demo submit proposal ke simbelmawa. Setelah kegiatan bimbingan ini para peserta diharapkan mendiskusikan kembali dengan seluruh anggota kelompok serta Dosen pendamping PKM, sebelum nantinya melakukan finalisasi dan submit proposal PKM mereka sampai 18 Desember 2019 ke simbelmawa.

Kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari bimbingan atau pelatihan yang sebelumnya telah diadakan SCAC kepada Dosen dan Mahasiswa dalam membuat proposal PKM. Sasaran target peserta pelatihan untuk PIC/Dosen pendamping, Coach PKM, serta Mahasiswa.

Pelatihan yang telah dibuat secara umum menitik beratkan kepada pengenalan program, menarik minat mahasiswa dan dosen ke program PKM, serta menularkan semangat untuk dapat berprestasi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Output dari pelatihan yang telah diselenggarakan sepanjang tahun 2019 yakni, terkumpulnya lebih dari 3,000 proposal PKM yang telah dibuat oleh Binusian. Sampai akhirnya terseleksi sekitar 150-an proposal yang akan disubmit ke simbelmawa, sebagian diantaranya kelompok yang mengikuti Bimbingan Teknis Perbaikan dan submit proposal PKM ke simbelmawa.

Seluruh bimbingan dan pelatihan ini bermuara untuk meningkatkan kompetensi teknis maupun konten tentang PKM kepada Binusian dalam rangka memantaskan diri sebagai Universitas yang layak mendapat gelar Juara Umum PIMNAS dimasa depan.

Ahmad Fikron Maulida, S.E.