SASC: UTS Di Depan Mata, Guys!

Wahai Binusian, UTS sudah di depan mata lho! Tapi tenang, jangan panik. Kakak-kakak SASC mau kasih beberapa tips simple nih buat mempersiapkan ujian. Perlu dicatet, persiapan ujian yang akan dijelasin ini tergantung dari berapa banyak waktu dan materi yang kalian punya yaa..

 

1. Kumpulin semua bahan materi yang akan diujiankan, entah itu textbook, catatan, atau kisi-kisi (buat yang beruntung dapet kisi-kisi :p)

2. Coba buat jadwal belajar sesuai perkiraan waktu yang kita punya. Misal 1 minggu sebelum, (bukan H-1 ya, please) kalian tentuin di hari 1 akan belajar apa, di hari 2 apa, dst.

3. Pastiin apa aja kelemahan kalian di materi / matkul tertentu, biar bisa fokus di situ jangan lupa untuk rajin-rajin kerjain soal dari textbook atau catatan waktu di kelas. kalian juga bisa ngejelasin ulang ke diri sendiri di depan kaca atau ke orang lain atau ke kucing atau ke siapapun, hehe..

 

Nah gak cuma itu, Binusian. Kalian juga perlu nih menjaga kondisi otak yang optimal buat belajar. Selain tidur yang cukup, latihan fisik, dan makan minum yang baik, kata Dr. John Ratey, olahraga (terutama aerobik, yoga, tenis) juga bisa nge-boost kerja otak agar lebih maksimal lho. Terus Dr. Adam Persky juga bilang kalau asupan glukosa sebanyak 20-50gram/hari bisa ningkatin memori kita dan yang terpenting adalah MINUM! (air mineral, please). Jangan cuma minum pas kita ngerasa haus aja, tapi minumlah secara teratur, gitu katanya.

 

Tips di atas bisa kalian lakukan ulang ketika mendekati UAS nanti ya. Apalagi yang dapat fasilitas mentoring dari SASC nih, yuk dirutinin lagi belajar bareng mentor dan menteenya! Kalian juga bisa intip persiapan para Best Mentor Periode Genap 2018/2019 kemarin buat ngadepin ujian. Siapa tau bisa dicopy caranya, hehehe..

 

So… are you ready for the exam? Ready dong ya!