FARCO BASIC LIFE SUPPORT TRAINING

 

Panduan Bantuan Hidup Dasar (BHD) / Basic Life Support (BLS) merupakan suatu panduan dari American Heart Association/ AHA yang pada umumnya meliputi beberapa kondisi, misalnya detak jantung berhenti, tersedak, tenggelam dan lain-lain. BLS dimaksudkan untuk dapat dilakukan oleh semua orang, baik seseorang yang memiliki dasar pengetahuan kesehatan maupun yang tidak sehingga panduan BLS tidak memerlukan tindakan penggunaan obat atau kemampuan / skill khusus tertentu. Penerapan BLS di lapangan / tempat kejadian akan memberikan kesempatan / waktu lebih terhadap tim medis yang lebih ahli untuk memberikan bantuan lanjut.

BINUS Square sebagai tempat tinggal mahasiswa BINUS perlu memiliki pembekalan mengenai BLS. Oleh karena itu, Komunitas FARCO mengadakan training internal mengenai Basic Life Support di BINUS Square serta mengundang perwakilan karyawan dari management BINUS Square. Kegiatan yang diadakan berupa Sharing Session dan latihan praktek.

Prinsip utama BLS adalah mengalirkan sirkulasi darah dan pemberian nafas melalui jalan nafas yang bersih sehingga proses kerusakan organ – organ tubuh dapat dihambat. AHA memberikan singkatan yang mudah diingat yaitu : C-A-B, yang merupakan singkatan dari : Circulation-Airway-Breathing. Circulation—menggambarkan pemberian sirkulasi darah yang mencukupi ke jaringan melalui pelaksanaan kompresi dada. Airway—memastikan jalan nafas penderita dalam kondisi bebas dari benda yang menyumbat mulut. Breathing—-pemberian bantuan nafas melalui mulut untuk menjamin ketersediaan udara/oksigen di paru – paru penderita.

Dalam kegiatan praktek, tim FARCO menyiapkan alat peraga yang bisa digunakan oleh semua peserta. Suasana yang terbentuk dalam sesi training terkesan santai namun peserta tetap serius mempraktekkan materi yang sudah mereka pelajari. Menurut seorang peserta training, ia merasa senang bisa mengikuti pelatihan ini karena akan terpakai dalam situasi darurat.