SASC: Wellness Project 2019 “Care Starts Within”

Dalam rangka memperingati World Health Mental Day yang  jatuh pada tanggal 10 Oktober, Student Advisory & Support Center mengadakan Wellness Project 2019  dengan tema CARE STARTS WITHIN pada 14-16 Oktober 2019 lalu. Di acara ini mahasiswa diberikan informasi melalui metode yang menarik dan interaktif, terkait dengan apa itu self-care dan tips bagaimana bisa melakukannya di kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga terdapat informasi dan pameran karya teman disabilitas yang ditujukan untuk memperkenalkan berbagai jenis disabilitas yang ada di sekitar Binusian dan bagaimana bisa berinteraksi positif dengan teman disabilitas.

Acara dikemas ke dalam empat aktivitas berbeda yang dapat diikuti oleh peserta, yaitu:

1. Stage of Expression: Panggung yang digunakan untuk sesi pertunjukan musik, monolog (oleh UKM STManis), talk show singkat, info session, dan sesi belajar BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia)

 

2. Games Booth: Berisi berbagai games yang dapat dimainkan oleh peserta bersama-sama seperti game console, UNO Stacko, Lucky Stab, Santai Aja lagi, Positive Drops, dan lainnya

 

3. Fun Facts Corner: Berisi fun facts atau informasi menarik mengenai berbagai tipe disabilitas dan cara berinteraksi positif dengan mereka, serta terdapat beberapa hasil karya teman-teman disabilitas (maket dan video)

 

4. Experience Booth: Terdiri dari Bird Box dan Quiet Place, dimana peserta yang memasukinya akan merasakan pengalaman menjadi teman tuna netra dan tuna rungu, serta mengenali kebutuhan penting dari kedua jenis disabilitas fisik ini

 

Dengan diadakannya Wellness Project, diharapkan para peserta dapat meningkatkan self-care agar memiliki kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas, salah satunya melalui konseling. Selain itu, diharapkan melalui kegiatan ini para Binusian bisa meningkatkan awareness dan kepedulian terhadap teman disabilitas dan bisa berinteraksi dengan para teman disabilitas yang ada di sekitar kita.