Sharing Session ‘Doing Internship Abroad’ & Probuddy Information Session

Program Development Centre (PDC) BINUS Square kembali bekerja sama dengan organisasi International Internship untuk membuka kesempatan pada boarders menjadi Probuddy. Probuddy adalah teman dan mentor bagi mahasiswa Australia yang melakukan magang di Indonesia. Selain menjadi Probuddy, boarders juga berkesempatan mengikuti workshop berskala internasional seperti pembuatan CV atau resume yang menarik. Oleh karena itu, hari Rabu, 25 September 2019, PDC dan International Internship mengadakan acara berjudul ‘Sharing Session ‘Doing Internship Abroad’ dilanjutkan Probuddy Information Session.

Acara Sharing Session ‘Doing Internship Abroad’ mengundang 3 orang pembicara yaitu Angus Coverdale (Project Manager International Internship), Patrick Carroll (mahasiswa Australia yang sedang magang di Indonesia) dan Raydhitya Yoseph (Software Engineer dari salah satu perusahaan Start-Up Unicorn Indonesia). Tujuan diadakannya Sharing Session ini agar para boarder mendapatkan pengetahuan dan gambaran hal apa yang penting mereka siapkan sebelum bekerja dengan orang dari negara lain. Acara ini dimulai 30 menit lebih lambat dikarenakan dua pembicara terhambat di perjalanan menuju BINUS Square akibat adanya demo mahasiswa di Gedung DPR, Senayan. Akhirnya acara dimulai pukul 19.30 wib oleh Edward Gabriel selaku Moderator dan mengundang pembicara Patrick Carroll dan seorang perwakilan dari International Internship, Kak Yunita Putri untuk duduk di kursi sofa yang telah disediakan. Sembari menunggu dua pembicara lainnya datang, moderator mengajak peserta untuk ice breaking terlebih dahulu. Sekitar 15 menit berlalu, pembicara Angus Coverdale dan Raydhitya Yoseph akhirnya tiba di ruangan Oak Room, BINUS Square.

Moderator mulai mengajak para pembicara untuk sharing pengalaman mereka bekerja dengan orang dari negara lain yang memiliki perbedaan cara kerja. Contohnya, Raydhitya Yoseph bercerita tentang pengalamannya bekerja dengan orang India yang terbiasa bekerja secara cepat atau Patrick Carroll yang bercerita pengalaman ia diberi masukan oleh teman kantornya ketika menggunakan celana pendek ke kantor. Menurut ia, di Australia hal itu adalah hal biasa. Di akhir acara Sharing Session, para pembicara memberikan masukan kepada seluruh peserta untuk berpikiran terbuka ketika bekerja dengan orang dari negara lain.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi program pendaftaran Probuddy dari International Internship. Bagi peserta yang berminat mengembangkan diri dapat mendaftarkan diri melalui link yang ditampilkan saat acara. Di akhir sesi, para pembicara mendapatkan sertifikat dan souvenir dari PDC dan moderator mengakhiri kegiatan ini dengan ucapan terima kasih.