SELF DEVELOPMENT– ALIGNING YOUR SUBJECT WITH YOUR PASSION

Seiring usainya check in massal Binus Square, Boarder Binus Square kedatangan  teman boarder yang baru khususnya dari Binusian 2023. Binus Square memiliki boarder dengan  latar belakang beragam, bukan hanya dari asal daerah, agama atau suku namun juga bermacam minat baik akademis maupun non akademis. Dengan kesadaran akan beragam potensi unik dan passion dari masing-masing boarder yang tercermin dalam jurusan yang telah mereka pilih, pada hari Kamis, 12 September 2019 yang lalu, Program Development Center Binus Square menyelenggarakan Talkshow Pengembangan Pribadi (Self Development Seminar) dengan judul “Aligning Your Subject with Your Passion”.

Kurang lebih 60 orang peserta sudah melakukan registrasi yang dibuka mulai pukul 19:00. Untuk kegiatan seminarnya sendiri dimulai  tepat pukul 19:15.  Dibuka dengan perkenalan pembicara, Bapak Ali Zaenal Abidin,SE, MSE. selaku Chief of Organization Happiness dari Organisasi Insight Out, sebuah organisasi yang bergerak di bidang pengembangan diri, dilanjutkan sesi berbincang-bincang. MC dari Talkshow ini juga seorang boarder bernama Edward Gabriel mulai menggulirkan satu demi satu pertanyaan seperti apa sih urgensi kuliah itu, apakah memilih jurusan kuliah itu hal yang penting dan bagaimana melakukannya dengan sesuai passion.
Jawaban yang diutarakan mengarah kepada jenuh dalam berkuliah itu pasti, dan bahkan dalam melakukan apapun  namun kembali kepada diri kita, apa tujuan hidup kita sebenarnya. Jika kita merasa salah memilih jurusan kuliah, apa yang mendasarinya? Karena kita tidak bisa mengkotak-kotakkan kesalahan pemilihan jurusan hanya kepada cita-cita berupa profesi. Ada seorang boarder yang menanyakan, dia salah mengambil jurusan teknik sipil, padahal jauh dalam lubuk hatinya, ia ingin menjadi dokter. Pembicara mengajak untuk melihat lebih jauh dalam hati kita, apa yang membuat kita ingin jadi dokter? Karena berkontribusi dalam bidang kesehatan bisa melalui banyak cara. Pembicara menyarankan supaya boarder tersebut betul-betul mengerti dan mendalami jurusan teknik sipil yang sudah diambilnya, sehingga mengetahui berbagai kesempatan dan kemungkinan yang bisa dijalani dan bisa ikut berkontribusi akan cita-citanya di bidang kesehatan misalnya menjadi arsitek rumah sakit.

Talkshow berjalan seru. Semakin mendekati batas waktu selesai, semakin banyak pertanyaan dari boarder sehingga MC terpaksa membatasi pertanyaan dan menutup acara. Acara talkshow dengan topik ini dibuat supaya boarder dapat menemukan passion untuk berakhir menjadi Life Purpose dan bisa diaplikasikan dalam menjaga dan meningkatkan semangat kuliah dan juga dalam memantapkan karier yang akan diambil setelah lulus dari Binus University.  Talkshow berakhir sekitar pukul 21:30 dan ditutup dengan sesi penyerahan Merchandise dari PDC Binus Square ke pembicara dilanjutkan dengan sesi foto bersama.  Dengan diadakannya pengembangan diri seperti ini, PDC Binus Square berharap boarder semakin menyadari  potensi yang dimilikinya dan semakin tergugah untuk terus mengembangkan diri mereka, dan harapannya adalah dengan tinggal di Binus Square bukan hanya sekedar tinggal namun juga memiliki kesempatan untuk semakin berkembang dan bertumbuh baik dalam bakat, minat, akademis maupun non akademis.