Boarder Gathering 2019 ‘Unlock the Meals’ Mission

Ada yang berbeda di event Boarder Gathering 2019 kali ini. Event yang diselenggarakan oleh Program Development Center (PDC) setiap tahunnya ini bertujuan menyambut boarder baru yang tinggal di Binus Square sekaligus memperkenalkan makanan khas Indonesia seperti Sate Ayam, Soto, Klepon, Martabak Telor dan Serabi saus kinca kepada boarder asing. Tahun ini, PDC berkolaborasi dengan Marketing BINUS Square mengemas acaranya secara berbeda dan diadakan hari Jumat, 27 September 2019. Bila tahun lalu para peserta datang, registrasi dan mendapatkan makanannya maka di tahun ini peserta diajak untuk menyelesaikan suatu misi ‘unlock the meals’ untuk mendapatkan kupon makan malam dan desserts dari para The Agents.

The Agents adalah sebutan bagi para volunteers bagian games yang terdiri dari 5 orang boarder lokal penerima beasiswa BINUS Square dan 5 orang boarder asing penerima beasiswa penuh dari BINUS University. Mereka dipasangkan menjadi 1 tim yang akan menjaga suatu pos permainan. Untuk melakukan permainan ini sangatlah mudah, peserta diminta untuk mendatangi satu pos permainan dan menjawab pertanyaan seperti ‘Sebutkan 6 hal menarik tinggal di Binus Square?’ atau melakukan instruksi ‘berkenalan dengan 1 boarder lokal / asing dan berfoto dengannya’. Setelah peserta selesai melakukan misinya, The Agent akan memberikan kupon dinner / desserts. Selama acara berlangsung, para boarders terlihat antusias dan semangat untuk menyelesaikan misi yang diberikan. Dengan adanya konsep permainan ini, peserta bisa saling berinteraksi dengan boarder asing maupun boarder lokal lainnya baik sebelum maupun sesudah acara makan-makan.

Ketika boarder sedang menyantap makanan, Diaz dan Rachel sebagai band musik dari boarder menghibur peserta dengan beberapa lagu. Selain mereka, ada pertunjukan tari tradisional Kamboja yang dibawakan oleh Mey, seorang boarder asing asal Kamboja turut menghibur peserta. Selain itu juga terdapat Boarder Birthday Party yang diadakan oleh Floor Coordinator untuk merayakan ulang tahun boarder yang lahir di bulan Juli – September. Terdapat 37 anak yang mengkonfirmasi kehadirannya dan ikut merayakan bersama-sama. Konsep perayaan terlihat sederhana namun berkesan bagi para boarders. Lomba Photo Competition juga  diadakan untuk memeriahkan acara Boarder Gathering.

Di akhir acara, MC mengumumkan 3 pemenang lomba Photo Competition yang dinilai berdasarkan jumlah likes terbanyak dan panitia mengajak seluruh peserta yang masih menikmati makanannya untuk berfoto bersama. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan interaksi antara boarder lokal dan boarder asing bisa terjalin selama mereka tinggal di Binus Square sekaligus memberikan kesempatan kepada boarder lokal untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing.