MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional 2019

Didasari salah satu tujuan Pendidikan Nasional, sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), adalah untuk mencetak manusia Indonesia yang berilmu pengetahuan, beriman, bertakwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, disiplin, serta sehat jasmani dan ruhani. Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, termasuk bina mental-spiritualnya, hanya dapat diwujudkan melalui metode, strategi, dan kegiatan yang tepat dan bernilai manfaat.

Salah satu kegiatan yang dipandang strategis oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) untuk mewujudkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tujuan Pendidikan Nasional di atas adalah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional. MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional ini merupakan acara setiap 2 tahun sekali, dimana tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke 16 bertempat di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional di Universitas Syiah Kuala berlangsung sejak 28 Juli sampai dengan 4 Agustus 2019. Terdapat 16 cabang lomba yang diperebutkan oleh total peserta 2489 orang dari perwakilan seluruh Universitas di Indonesia. BINUS University turut berpartisipasi dalam cabag lomba Fahmil Qur’an dengan tim atas nama Abdullah (Binusian 2019, jurusan: Teknik Industri) dan Zaky Ahmad Hanif R. (Binusian 2022, jurusan: Teknik Informatika). Arya Kunta Aji (Binusian 2021, Jurusan: Teknik Informatika). Selain sebagai ajang perlombaan mahasiswa ujuk kebolehan seputar Al-Qur’an, acara ini juga sebagai ajang silaturahmi antar peserta dari perguruan tinggi yang hadir.

Ahmad Fikron Maulida, S.E.