BINUSIAN dan ORGANISASI, BINUSIAN dan RELIGI serta BINUSIAN dan AKTIVITAS

FIRST YEAR PROGRAM
STUDENT CLUB AND ACTIVITY CENTER

Oleh: Rahmat Ilahi, S.Pd.

Pada tahun bulan Juli 2019 ini BINUS University telah menerima ribuan BINUSIAN baru yang siap memulai kesuksesan mereka di Kampus BINUS. BINUSIAN baru atau Freshmen ini akan diberikan pembekalan selama satu minggu dari hari Senin sampai dengan Sabtu yang dibagi menjadi empat gelombang. Gelombang I, 22 – 27 Juli 2019, Gelombang II, 29 Juli – 3 Agustus, Gelombang III, 5 – 10 Agustus dan Gelombang IV, 19 – 24 Agustus 2019.

Pada setiap gelombang Freshmen akan diberikan informasi tentang peraturan yang berlaku dikampus, sistem perkuliahan dikampus, organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus dan banyak kegiatan lainnya. Harapannya Freshmen dapat memahami kehidupan dilingkungan akademik dan non akademik kampus dan dapat mengoptimalkan fasilitas yang disediakan oleh kampus.

Student Club and Activity Center (SCAC) sebagai center yang membina dan mengelola organisasi kemahasiswaan yang ada di BINUS memberikan informasi tentang organisasi kemahasiswaan dan mengajak Freshmen untuk bergabung dan aktif di dalam organisasi kemahasiswaan. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan SCAC bersama organisasi kemahasiswaan adalah BINUSIAN dan Organisasi, BINUSIAN dan Religi serta BINUSIAN dan Aktivitas.

Binusian dan Organisasi

Kegiatan yang dilakukan pada sesi BINUSIAN dan Organisasi ini adalah Talkshow, SCAC mengundang alumni-alumni BINUS yang pernah menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan. Pada talkshow ini alumni sharing tentang pengalaman dan manfaat yang dirasakan sebagai pengurus organisasi. Disini SCAC juga menyampaikan organisasi-organisasi yang ada di kampus, jumlah organisasi, jenis organisasi dan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh organisasi kemahasiswaan BINUS. Freshmen juga ikut aktif dalam sesi tanya jawab yang diberikan.

BINUSIAN dan Religi

Sesi BINUSIAN dan Religi ini diadakan disetiap hari Jumat pada setiap gelombang general orientation (GO) pukul 11.20 – 13.00 WIB. Seluruh UKM Kerohanian yang ada di BINUS Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavadhana (KMBD), Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK), Keluarga Besar Mahasiswa Khong Hu Cu (KBMK), Keluarga Mahasiswa Hindu (KMH), Persekutuan Oikumene (PO) dan Majelis Taklim Al Khawarizmi (MT Al Khawarizmi) mengadakan kegiatan bersama Freshmen berupa kegiatan ibadah bersama sesuai dengan agama masing-masing dan sharing pengalaman religius serta mengajak Freshmen untuk ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan keagamaan setiap Freshmen di lingkungan kampus. Diharapakan dapat meningkat nilai-nilai religiusitas setiap BINUSIAN dan kepercayaan kepada TUHAN MAHA ESA.

BINUSIAN dan Aktivitas

Sesi ini diadakan setiap hari Sabtu pada sesi ini seluruh Organisasi Kemahasiswaan (OK)  BINUS akan membuka booth di Kampus Anggrek. Setiap organisasi dengan total dan optimal melakukan dekorasi pada setiap boothnya. Pengurus OK juga akan showing skill yang mereka mliliki, misalnya UKM Seni akan bernyanyi, menari dan bermain alat musik mereka sambil mengajak Freshmen untuk ikut aktif terlibat. UKM Olahraga akan mengadakan showing skill dan memberikan challenge kepada Freshmen, bagi Freshmen yang bisa menyelesaikan challenge akan bisa masuk UKM secara gratis.

Rahmat Ilahi, S.Pd.