Kegiatan Sosial Aktivis BINUS Square ‘Outbound Hidroponik’

Hidroponik adalah suatu teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah / humus sebagai media tanamnya, namun menggunakan media air sebagai sumber nutrisi tanaman. Menanam dengan metode hidroponik sedang tren saat ini terutama bagi pemilik tempat tinggal yang memiliki lahan terbatas. Selain itu, hidroponik juga bisa dijadikan suatu alternatif bisnis bagi siapa saja yang ingin menjadi seorang entrepreneur. 

Berawal dari tren tersebut, Program Development Center (PDC) mengadakan kegiatan sosial di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Putra Utama 4, Cengkareng dalam bentuk Outbound Hidroponik pada tanggal 18 Juli 2019. Kegiatan ini merupakan akhir dari rangkaian program beasiswa BINUS Square yang wajib diikuti oleh penerima beasiswa / aktivis BINUS Square. Dalam pelaksanaannya, 26 aktivis BINUS Square belajar hidroponik bersama 25 anak panti asuhan ditemani 5 orang ibu pengasuh panti dan 6 orang kakak Pembina dari PDC. Materi hidroponik dibawakan oleh dosen jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Bina Nusantara University bernama Bapak Freddy W. Ariesta, S.Pd, M.Pd.

Sebelum sesi materi hidroponik dimulai, beberapa Aktivis Binus Square mengajak peserta untuk bermain terlebih dahulu agar seluruh peserta saling mengenal satu sama lain. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan materi Hidroponik. Pak Freddy memulai penjelasan mengenai jenis media tanam hidroponik diantaranya akar pakis, arang sekam, hydrogel, kerikil & pasir dan rockwool. Selain menjelaskan jenis media tanam, Pak Freddy juga menjelaskan mengenai 5 tahapan penanaman hidroponik yaitu penyemaian benih, penyiapan media tanam, pemberian larutan nutrisi, perawatan tanaman dan pemanenan. Setelah penjelasan selesai, seluruh peserta berkumpul dalam kelompok untuk melakukan kegiatan Outbound. Dalam kegiatan Outbound ini terdapat 4 pos yang berkaitan dengan tahapan penanaman hidroponik dan tiap kelompok mempraktekkan langsung tiap tahapannya disertai pembinaan langsung dari Pak Freddy. Di akhir kegiatan, peserta dibagikan konsumsi dan foto bersama.

Dengan diadakannya kegiatan ini, PDC berharap aktivis BINUS Square bisa meningkatkan kepedulian sosial terhadap anak-anak yang tinggal di panti asuhan dan anak panti asuhan bisa mempraktekkan lebih lanjut kegiatan hidroponik di tempat tinggal mereka serta belajar mencoba menjadi entrepreneur dari hasil tanaman hidroponik.