Counseling Week 2019 Exhibition: “Feel-in, Flow-out”

Pada 20-21 Mei 2019, sub-unit Counseling SASC mengadakan Exhibition “Feel-in, Flow-out” yang bertempat di Black Box lt. 2 Binus Anggrek. Pameran ini merupakan bagian dari rangkaian event tahunan Counseling Week 2019 dengan tema “Embrace Your Colors #Let’sTalkAboutStress”.  Kegiatan ini berkolaborasi dengan @menjadimanusia, sebuah platform sosial media yang menjadi media bagi para followers (pengikut) untuk bisa mengekspresikan diri dan berbagi pandangan soal permasalahan hidup dalam bentuk tulisan, podcast, dan video.

Sesuai tema “Feel-in, Flow-out”, pameran ini didesain dalam bentuk labirin yang terdiri dari:

1. Reflect Room

Pada area ini peserta diajak untuk merefleksikan diri mengenai apa yang sudah terjadi dalam hidupnya dan membuat mereka merasa “tidak baik-baik saja”. Pada area ini disediakan post it untuk mereka menuliskan permasalahan yang mengganggu dirinya. Area ini juga menyediakan cermin sesuai dengan namanya Reflect Room.

2. Calm Room

Bagian ini menyediakan area art visual yang memberikan efek menenangkan. Selain itu, ada pula audio file @menjadimanusia dalam bentuk podcast.

3. Realize Room

Bagian ini menyediakan berbagai macam lukisan abstrak yang mengajak para pengunjung untuk memahami beberapa gejala stres (fisik, emosi, pikiran, dan perilaku) yang digambarkan melalui tulisan.

4. Release Stress

Pada area ini pengunjung dapat menuliskan apa yang menjadi sumber stressnya dan kemudian melemparkannya ke dalam keranjang sebagai simbolisasi pelempasan stressnya.

5. Dear Me

Bagian ini adalah bagian akhir dari Labyrinth dimana para peserta diminta untuk menuliskan surat ke diri sendiri yang berisi pesan positif untuk menjalani hari ke depan.

 

Selain itu, terdapat pula counseling booth yang menjadi tempat bagi para pengunjung yang ingin konsultasi dengan para konselor SASC dan pameran 10  karya terbaik “Stress Plaster Competition” yang sudah diadakan melalui IG @counsellingweek.

 

Kegiatan Exhibition “Feel In, Flow Out” ini merupakan bagian dari rangkaian acara Counselling Week yang bertujuan agar para pengunjung dapat mengenali respon stres yang terjadi pada diri sendiri, mendapat informasi mengenai hal-hal yang bisa mengurangi stress, mengenal cara-cara coping stress, belajar mengekspresikan pikiran dan perasaan terkait stres yang dialami