LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA (Advanced) – Tahun 2019

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) adalah sebuah kegiatan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan manajemen untuk mengelola Organisasi Kemahasiswaan. Saat ini terdapat 3 jenis kegiatan LKMM yaitu LKMM Basic (PRIME dan COMMET), LKMM Intermediate dan LKMM Advanced.

Tingkatan LKMM tersebut diberikan sesuai peran Binusian dalam Organisasi Kemahasiswaan. LKMM BASIC yang terdiri dari PRIME dan COMMET diperuntukkan bagi Binusian yang berperan sebagai aktivis dalam organisasi ataupun untuk Binusian lainnya yang ingin belajar mengenai Priority Management serta Communication, Emotional Intelligence dan Team Work. LKMM BASIC diselenggarakan dengan jadwal setiap bulannya.

Gambar 1: Foto bersama saat LKMM BASIC PRIME

LKMM Intermediate diperuntukkan untuk para Pengurus Organisasi Non-DPI (Dewan Pengurus Inti) dengan pembahasan mengenai pengembangkan jiwa kepemimpinan berdasarkan nilai SPIRIT (Value BINUS), pengembangan kemampuan planning & organizing dan belajar mengidentifikasi permasalahan yang muncul dalam organisasi dan menemukan alternatif solusi terbaik secara kreatif.

Gambar 2 : Sharing Ibu Anggita Dian Cahyani, S.Psi., M.A.

Gambar 3 : Sharing Bapak Dr. Ir. Hardijanto Saroso, M.M., M.MT

Gambar 3 : Sharing Bapak Dr. Yohannes Kurniawan, S.Kom, S.E., M.MSI

LKMM Advanced diperuntukkan untuk para pengurus DPI (Dewan Pengurus Inti) Organisasi Kemahasiswaan yang diharapkan melalui program ini, pengurus DPI (Dewan Pengurus Inti) mampu mengetahui proses menciptakan ide dan program baru yang dapat berpengaruh terhadap organisasi dan juga masyarakat luas dan belajar bagaimana cara meyakinkan tim terkait ide tersebut serta tantangan/kendala yang dihadapi. Di samping itu, dapat mempelajari juga terkait cara pemilihan rekan kerja dan cara mengembangkannya untuk dapat memberikan kontribusi terkait ide/program yang ditetapkan.

Dalam kegiatan LKMM Advanced, para pengurus DPI juga belajar cara mengorganisir program yang berjalan dalam organisasi sehingga organisasinya dapat bertahan hingga saat ini (proses regenerasi/successor planning). Mereka juga mendapatkan tips pengelolaan program (strategi, perencanaan, eksekusi hingga evaluasi, serta tantangan/kendala). Sustainability dalam menjaga rasa ingin menolong, dan tetap melanjutkan program apapun rintangannya juga dibahas dalam materi LKMM Advanced ini, tak lupa mendapatkan informasi cara menumbuhkan TRUST di kalangan donatur dan masyarakat dan menularkan semangat dan rasa optimis untuk berhasil kepada para peserta.

Gambar 4: Penjelasan Materi oleh Kak Dara Puspita dari Kitabisa.com