People Innovation Excellence

Student Advisory Center (SAC)

Student Advisory Center – Student Learning Partner

Student Advisory Center (SAC) merupakan unit pelaksana yang membantu untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh para mahasiswa BINUS UNIVERSITY.  Melalui  taglinePartnering your personal growth, Enhancing your well-being”,  SAC dibentuk dengan tujuan untuk:

  • Menyediakan dukungan dan layanan bagi mahasiswa (akademik dan non-akademik).
  • Meningkatkan ”employability skills” mahasiswa.
  • Mengkoordinasikan berbagai kegiatan untuk membantu mahasiswa sejak tahun pertama hingga lulus kuliah.

Dalam upayanya untuk mencapai tujuan yang telah diberikan, SAC melakukan berbagai kegiatan dan program yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

  • Counselling
  • Mentoring
  • Personal Development

 

Counselling

Program Konseling adalah salah satu program yang bertujuan untuk membantu BINUSian yang membutuhkan konsultasi baik di bidang akademis maupun non akademis (hal terkait masalah personal dan interaksi sosial) yang dapat mengganggu keberhasilan belajar selama kuliah. Layanan Konsultasi untuk mahasiswa terbuka setiap harinya di jam kerja dan ditangani oleh staf konselor dengan latar belakang Ilmu Psikologi. Layanan konsultasi ini diberikan secara gratis (tidak dipungut biaya) untuk membantu para mahasiswa maupun orang tua terkait masalah yang dihadapi.

Selain melakukan layanan berupa konsultasi pribadi, program konseling bekerja sama dengan jurusan juga menyediakan program support group yang merupakan wadah untuk para mahasiswa untuk saling berbagi pengalaman mengenai berbagai kondisi yang mereka hadapi sehari-hari. Kegiatan ini membantu para mahasiswa yang memiliki permasalahan yang sama untuk dapat saling berbagi dan mendukung satu sama lain dengan difasilitasi oleh para konselor SAC. Konseling juga mengadakan kegiatan seminar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan mahasiswa untuk lebih mengenal diri lewat tema-tema yang diangkat yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.

Mentoring

Sub unit Mentoring adalah salah satu sub unit yang ada di SAC yang bertujuan untuk membantu mahasiswa BINUS UNIVERSITY dalam meningkatkan prestasi belajar. Dalam kesehariannya, program ini dikelola bersama dengan BINUS STUDENT LEARNING COMMUNITY (BSLC) yaitu  sebuah komunitas belajar yang memiliki komitmen untuk menyediakan sebuah lingkungan belajar kondusif bagi BINUSian untuk meningkatkan prestasi belajar dan soft skills melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan. BINUSian dari berbagai jurusan dan angkatan dapat bergabung sebagai anggota komunitas belajar ini dengan berbagai peran seperti: Mentor (pembimbing kelompok), Mentee (peserta bimbingan), ataupun sebagai pengurus BSLC.

Selama kegiatan mentoring berlangsung, para mentor dan mentee melakukan proses belajar bersama dimana para mentor akan mengajarkan materi perkuliahan yang dianggap sulit oleh para menteenya. Sebelum melakukan kegiatan mentoring, mereka diberikan pelatihan pembekalan softskill, antara lain: effective communication, teaching skill, time management, leadership, problem solving decision making, transactional analysis, dll.

Tujuan pemberian pelatihan pembekalan ini adalah agar para mentor ini dapat menjalankan perannya sebagai pembimbing dan meningkatkan kepemimpinan dari mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini.

Personal Development

Personal Development merupakan salah satu sub-unityang ada di SAC yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan di bidang pengembangan employability mahasiswa BINUS UNIVERSITY.  Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menjawab tantangan dunia industri yang tidak hanya membutuhkan lulusan dengan keterampilan hardskill  sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing namun juga lulusan yang memiliki kemampuan softskill  seperti komunikasi, kepemimpinan, team work, problem solving dan decision making. Melalui berbagai program yang dilakukan diharapkan para mahasiswa dapat membekali dirinya agar siap terjun dan bersaing di dunia kerja.

Selain itu juga ada kegiatan non training bertujuan untuk memberikan informasi yang dikemas dalam bentuk yang menyenangkan dan menarik bagi para mahasiswa. Berbagai kegiatan dibuat agar menarik bagi mahasiswa dalam bentuk sharing pengalaman baik dari pembicara eksternal maupun internal. Tema dan topik yang diangkat biasanya seputar informasi yang berkaitan dengan pengembangan softskill mahasiswa misalnya: cara membuat CV, simulasi interview yang bekerja sama dengan Binus Career, kelas MC, Adobe Photoshop. Selain kegiatan dalam kelas, kegiatan non training juga diberikan dalam bentuk pemberian materi digital seputar pengembangan diri yang dikemas dalam artikel maupun newsletter berisi tips keseharian maupun isu atau informasi yang berguna bagi mahasiswa.

Personal Development juga membina para mahasiswa dengan peran sebagai Buddy Coordinator. Buddy Coordinator merupakan bagian dari program penerimaan mahasiswa baru yang disebut dengan Freshmen Enrichment Program (FEP). Buddy Coordinator(BC) adalah mahasiswa senior yang bertugas untuk mendampingi dan membimbing juniornya (mahasiswa baru) dari jurusannya agar dapat beradaptasi baik dari sistem belajar maupun lingkungan sosial yang ada di BINUS UNIVERSITY. Informasi yang diberikan memberikan antara lain adalah pengenalan BINUS secara umum mengenai hal-hal yang perlu diketahui oleh para mahasiswa baru selama berkuliah di Binus, misalnya peraturan yang ada di Binus, penggunaan Binusmaya, cara sukses di perkuliahan, cara mengikuti perkuliahan, menghitung IPK, pengaturan waktu, dll.

 

Ruang SAC
Kampus Anggrek R.511 dan R.51
Jl. Kebun Jeruk Raya no 27 Jakarta Barat. 11530
Telp: +6221-5345830, Ext: 1501-1503, 1505
Email: sac@binus.edu

Jam Layanan
Senin-Jumat: 09.00-17.00 (konseling hingga pukul 16.00)
Sabtu: 09.00 – 15.00

 


Last updated :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close