PIMNUS 2020

Pekan Ilmiah Mahasiswa BINUS University (PIMNUS) merupakan ajang kompetisi karya ilmiah bagi Binusian yang berpartisipasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dimana Binusian yang telah melakukan submit proposal PKM ke PIMNUS 2020 akan diseleksi proposal terbaik oleh Coach PIMNUS, untuk nantinya disubmit ke simbelmawa/Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

PKM secara umum bertujuan untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang (1) tahu dan taat aturan; (2) kreatif, inovatif dan (3) objektif kooperatif dalam keragaman intelektual.

PKM memiliki beberapa jenis dan kriteria, seperti dalam table berikut:

Secara singkat tentang masing-masing jenis PKM:

  • PKM AI

KIT: Menuangkan pemikiran dan hasil-hasil aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan/Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian Kepada Masyarakat yang SUDAH dilakukan TIM Mahasiswa.

Seperti:

  1. Studi kasus
  2. Tugas lapangan
  3. Magang
  4. Penelitian eksakta dan sosial
  5. Artikel dari kegiatan PKM yang telah dilakukan sebelumnya

Rekomendasi untuk dilakukan pada Semester 7 – 8

  • PKM GT

KIT: Imajinasi Mahasiswa akan Ide futuristic, Konsep perubahan dan Pengembangan yang menjawab permasalahan di masa depan

Seperti:

  1. Kursi Kejut DPR
  2. Dengan Pramuka Cegah HIV/AIDS
  3. Pembangkit listrik Apung Ramah Lingkungan Bertenaga Arus Laut
  4. MADURA (Makanan Dari Udara) – Alternatif Pangan dalam Mencapai
  5. GO BATRIK (Gondola Berbasis Piezoelektrik) Solusi Tepat Mengatasi Kemacetan di Indonesia untuk Membangun Indonesia Mandiri 2025

Rekomendasi untuk dilakukan pada Semester 1 – 2

  • PKM GFK

KIT: VIDEO yang di Uploud youtube tentang Gagasan (Seperti PKM GT) seputar topik Sustainable Development Goals (SDGs). Seperti 17 topik SDGs yang tertera dalam laman berikut: www.un.org/sustainabledevelopment/

Rekomendasi untuk dilakukan pada Semester 3 – 6

  • PKM P

KIT: Disarankan lebih fokus pada penelitian terapan/aplikatif (Applied Research). Dibagi menjadi 2 jenis, yakni PKM-Penelitian Eksakta (PKM- PE) dan Sosial Humaniora (PKM-SH).

PKM-PE seperti:

  1. Identifikasi senyawa kimia aktif
  2. Rancang bangun
  3. Eksplorasi
  4. Materi alternatif
  5. Desain produk atraktif

PKM-SH seperti:

  1. Mengungkap hubungan sebab-akibat,
  2. Penelitian deskriptif tentang perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan atau budaya masyarakat baik terkait dengan kearifan lokal maupun perilaku kontemporer

Rekomendasi untuk dilakukan pada Semester 3 – 6

  • PKM K

KIT: Berorientasi pada profit. Pelaku utama adalah kelompok mahasiswa. Menghasilkan komoditas unik berupa barang atau jasa yang tidak menjadi kompetitor produk sejenis yang merupakan penghasilan masyarakat.

Seperti:

  1. Layanan
  2. Animasi
  3. Barang baru
  4. Modif Produk
  5. Novel

Rekomendasi untuk dilakukan pada Semester 3 – 6

  • PKM M

KIT: Direkomendasikan program atau Kegiatan merupakan respon persoalan yang disampaikan masyarakatdan bukan inisiatif mahasiswa. PKM M dapat berupa program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya menyelesaikan persoalan atau memenuhi kebutuhan masyarakat yang kehidupannya tidak berorientasi pada profi. PKM M dapat berupa upaya untuk membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat, upaya mengatasi buta aksara dan lain-lain. Mitra Harus non Produktif.

Seperti:

  1. Sekolah
  2. Panti Asuhan
  3. Pemerintah
  4. Karang taruna
  5. Kelompok PKK atau masyarakat lainnya

Rekomendasi untuk dilakukan pada Semester 3 – 6

  • PKM T

KIT: Merupakan program bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi atau manajemen mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra dalam rangka mengidentifikasi permasalahan atau kebutuhan mitra. Bukan menciptakan teknologi, tetapi menggunakan teknologi yang sudah ada. Mitra Harus kelompok masyarakat yang berorientasi pada profit.

Seperti:

  1. Usaha berskala mikro (toko, industri rumahan, pedagang kaki lima atau koperasi)
  2. Tani
  3. Kelompok nelayan
  4. Sanggar tari
  5. Klinik bersalin dan lain-lain

Rekomendasi untuk dilakukan pada Semester 3 – 6

  • PKM KC

KIT: Program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif meskipun karya tersebut belum memberikan nilai kemanfaatan langsung bagi pihak lain. menekankan KEASLIAN IDE dan bukan TIRUAN. Produk harus sudah berada pada skala siap pakai dan fungsional atau minimal skala prototip siap diuji coba (Agar dapat diperkirakan manfaatnya).

Seperti:

  1. Kalkulator Amal dan Dosa
  2. Scanner Penentu Usia Korban Kecelakaan
  3. Aplikasi Gojek
  4. Tarian, Ukiran, Musik
  5. Lukisan Unik/Kontemporer terkait aspek Kesehatan, Pendidikan, Disabilitas dan lain-lain

Rekomendasi untuk dilakukan pada Semester 3 – 6

 

Secara lengkap dapat dilihat dalam Pedoman PKM Dirjen Pendidikan Tinggi.