People Innovation Excellence

About Soft Skill

Pelatihan (Employability dan Academic Study Skill)

Kegiatan pengembangan diri yang difasilitasi oleh sub unit Personal Development dalam bentuk training request. Mahasiswa dapat mengajukan topik pelatihan sesuai dengan kebutuhan di kehidupan perkuliahannya yang waktu dan tempat juga dapat disesuaikan dengan kesediaan mahasiswa. Tujuan pemberian training request ini adalah memberikan pembekalan serta peningkatan keterampilan mahasiswa di bidang employability maupun academic study skills. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memperkaya para mahasiswa BINUS University di bidang softskill sehingga dapat meningkatkan daya saing dan kualitas dari para lulusan. Permintaan pelatihan ini dapat dilakukan secara perorangan dengan cara mengumpulkan minimal 15 orang peserta maupun oleh himpunan mahasiswa/unit kegiatan mahasiswa dan dapat dilakukan indoor maupun outdoor.

Berikut adalah beberapa dokumentasi mengenai kegiatan training yang pernah dilakukan:
Topik pelatihan yang tersedia terdiri dari pengembangan employability skill maupun academic study skill. Topik-topik pelatihan tersebut antara lain:

Leadership
Dalam topik ini, peserta dapat memahami konsep kepemimpinan, meliputi definisi, prinsip, karakteristik, tipe, serta mampu mengembangkan kualitas kepemimpinan.
Public Speaking
Peserta akan mengenali konsep public speaking yang meliputi: prinsip, body language, tips mengatasi kecemasan. Selain itu peserta juga akan mendapatkan praktek roleplay berbicara di depan umum.
Time Management
Pada pelatihan ini peserta diajak untuk mengenali kegiatan yang merampas waktu dan teknik pengaturan waktu berdasarkan prioritas masing-masing.
Outbound
Kegiatan untuk meningkatkan kerjasama kelompok dan ketahanan dalam tim yang dibuat dalam bentuk experience learning. Kegiatan ini biasanya dilakukan di luar ruangan dan terdiri dari beberapa permainan yang menggambarkan situasi kerja yang dikaitkan dengan tujuan dan kebutuhan dari kelompok. Kegiatan outbound yang sudah pernah diberikan antara lain: Team Building and Leadership untuk memperat kerjasama kelompok dan meningkatkan kepemimpinan dan Professionalism Outbound yang bertujuan untuk meningkatkan cara kerja professional di dalam kelompok.

Kegiatan Non Training

Kegiatan non training bertujuan untuk memberikan informasi yang dikemas dalam bentuk yang menyenangkan dan menarik bagi para mahasiswa. Berbagai kegiatan dibuat agar menarik bagi mahasiswa dalam bentuk sharing pengalaman baik dari pembicara eksternal maupun internal.  Tema dan topik yang diangkat biasanya seputar informasi yang berkaitan dengan pengembangan softskill mahasiswa misalnya:  cara membuat CV, simulasi interview yang bekerjasama dengan Binus Career, kelas MC. Selain kegiatan dalam kelas, kegiatan non training juga diberikan dalam bentuk pemberian materi digital seputar pengembangan diri yang dikemas dalam artikel maupun newsletter berisi tips keseharian maupun isu atau informasi yang berguna bagi mahasiswa.

Berikut adalah kegiatan non training yang pernah dilakukan:

Seminar/ Talkshow/ Expert Sharing/Behind the Scene/ Workshop
Dalam kegiatan ini, para pembicara yang ahli dan mendalami satu di bidang tertentu diundang untuk dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan bagi mahasiswa mengenai proses mereka dalam menjalani bidang yang membuat mereka sukses saat ini. Para pembicara tidak hanya memaparkan materi, namun mahasiswa juga dapat berinteraksi dengan diskusi maupun tanyajawab dengan para ahli sehingga para mahasiswa secara langsung dapat belajar secara langsung dari para praktisi mengenai bidang yang mereka minati ataupun tekuni.

Artikel dan Newsletter
Penulisan artikel bertujuan untuk membantu mahasiswa mengembangkan diri dan menambah informasi dan wawasan mahasiswa dalam menunjang dunia perkuliahannya. Artikel dipublikasikan melalui sosial media official SAC antara lain: facebook, twitter, instagram maupun line official SAC dengan mengangkat tema–tema tertentu yang berguna bagi para mahasiswa seperti: pengaturan waktu, pola hidup sehat, cara belajar, leadership, teamwork, dll. Bagi mahasiswa yang suka menulis, juga diberikan peluang untuk bisa berkreasi dengan menyumbangkan tulisannya berupa artikel dengan konten yang bermanfaat untuk sesama mahasiswa. Karya tersebut akan direview dan dipublikasikan di media sosial SAC.

Training for Mentor:
Sebelum menjalankan tugas, para mentor terpilih diwajibkan untuk mengikuti Training pembekalan yang dilaksanakan dalam 2 hari. Pada hari pertama, semua mentor akan mendapatkan training dasar sebagai mentor, yakni “Let’s Be Mentor”, sedangkan untuk hari ke dua akan ada pembekalan yang berbeda antara mentor baru dan mentor yang sudah senior. Mentor baru akan mendapatkan training mengenai Komunikasi, sedangkan senior mentor akan mengikuti training dengan topik yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Training for BC:
Buddy coordinator diwajibkan untuk mengikuti beberapa training pembekalan sebelum menjalankan tugasnya. Training pembekalan diberikan dalam 2 tahapan, yakni 2 hari untuk training pembekalan dasar, yang diberikan sebelum bertugas di masa orientasi awal, dan selanjutnya training pembekalan ke dua seminggu sebelum perkuliahan berlangsung, untuk bisa membawakan materi yang akan diberikan kepada mahasiswa baru selama 1 semester.

Sebelum bertugas, BC yang sudah terpilih diberikan berbagai pembekalan untuk bisa menjalankan tugasnya selama 1 semester diantaranya: kemampuan presentasi dan metode komunikasi yang efektif agar interaksinya dengan berbagai pihak bisa berjalan lancar. Diharapan melalui training pembekalan ini, para Buddy Coordinator dapat meningkatkan keterampilannya dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya serta meningkatkan kualitas softskill mereka sebagai seorang mahasiswa. Softskill yang dapat dikembangkan dengan seseorang menjadi Buddy Coordinator antara lain: kepemimpinan, cara memecahkan masalah, kerjasama dalam kelompok, komunikasi, kemampuan presentasi.


Last updated :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close