“Be an Amazing Trainer” Associate Trainer Development Program 2018

“Be an Amazing Trainer”

Associate Trainer Development Program 2018

Trainer merupakan seorang yang memimpin kegiatan pelatihan yang diharapkan dapat memfasilitasi peserta dalam proses pelatihan. Selain dibutuhkan berbagai keterampilan untuk menjadi seorang trainer, diperlukan juga latihan dan jam terbang agar menjadi seorang trainer yang handal. Associate Trainer merupakan program dari Student Development Center (SDC) yang menyediakan wadah bagi para mahasiswa yang tertarik mengembangkan keterampilan sebagai trainer. Disini mahasiswa mendapatkan kesempatan berlatih secara langsung diberbagai program pelatihan yang diselenggarakan oleh Student Development Center.

Diawali open recruitment Associate Trainer SDC 2019 pada 25 Februari – 30 Maret 2019, Student Development Center mengajak Binusian untuk mengembangkan diri dalam bidang training dengan bergabung menjadi Associate Trainer. Proses pendaftaran dilakukan di 4 lokasi yaitu BINUS Kemanggisan, Senayan, Bekasi dan Alam Sutera. Terdaftar ada 33 Binusian dan setelah proses seleksi ada 16 Binusian yang lolos dan diharapkan dapat mengembangkan diri dengan proses pembelajaran dan praktek menjadi trainer.

Gambar 1: Proses Seleksi Associate Trainer SDC

Setelah dinyatakan lolos seleksi, teman-teman Associate Trainer menjalani pembelajaran melalui googleclassroom yaitu self learning sebanyak 2 kali dan setiap sesi diakhiri dengan mengerjakan assignment. Pada Self Learning sesi 1 mempelajari topik tentang Adult Learning, Training Introduction, Training Format, Ice Breaking & Energizer, dan pada Self Learning sesi 2 belajar tentang Nonverbal Communication, Presentation Skill, Type Of Audience, Handling Question.

Gambar 2: Ice Breaking

Pada 4 Mei 2019, adalah associate Trainer Gathering yang mengundang seluruh Associate Trainer SDC mulai dari yang sudah senior dan yang baru bergabung. Dalam Gathering selain berdiskusi dan berbagi cerita selama menjadi trainer, teman-teman Associate Trainer mendapatkan pembekalan dengan topik Be an Amazing Trainer” yang dikemas secara menarik dengan aktivitas – aktivitas praktek langsung.

Gambar 3: Group Sharing

 

Gambar 4: Hasil Diskusi Kelompok

Pada kesempatan Gathering kali ini, disampaikan juga tentang bagaimana Student Development Center mengajak Binusian untuk terus mengembangkan dirinya dalam bidang training ini dan SDC berkomitmen untuk membekali para Associate Trainer untuk terus mengasah keterampilannya melalui program pembelajaran yang berkesinambungan, pesan ini disampaikan oleh Kak Yan Andre Peranginanging, M.Psi, Psikolog selaku Student Development Center Manager.

Gambar 5: Pengarahan dari Kak Yan

 

Gambar 6: Foto Bersama

Setelah kegiatan Gathering, Associate Trainer melakukan Micro Teaching untuk menerapkan pembelajaran yang sudah didapatkan sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan di Kampus Alam Sutera dan Kemanggisan.

Gambar 7: Foto Micro Teaching

Untuk dapat bergabung menjadi Associate Trainer tidaklah harus memiliki pengalaman sebagai trainer sebelumnya. Namun, para mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam kegiatan pelatihan, ingin memperdalam wawasan dan kemampuan dalam bidang pelatihan, dan yang paling utama ialah memiliki keinginan untuk mengembangkan potensi diri.