“Be an Amazing Trainer” Associate Trainer Development Program 2018

          Trainer merupakan seorang yang memimpin kegiatan pelatihan yang diharapkan dapat memfasilitasi para peserta dalam proses pembelajaran kemampuan yang diberikan dalam pelatihan. Selain dibutuhkan berbagai keterampilan untuk dapat menjadi seorang trainer, diperlukan juga banyak latihan dan jam terbang untuk dapat menjadi seorang trainer yang handal. Associate Trainer merupakan sebuah program dari Student Development Center (SDC) yang menyediakan wadah bagi para mahasiswa yang tertarik untuk mengembangkan keterampilan untuk menjadi seorang trainer. Dalam program ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk berlatih secara langsung dalam berbagai program pelatihan yang diselenggarakan oleh Student Development Center.

Diawali dengan open recruitment Associate Trainer SDC 2019 yang dilakukan pada 25 Februari – 30 Maret 2019, Student Development Center mengajak Binusian untuk mengembangkan diri dalam bidang training dengan bergabung menjadi Associate Trainer. Proses pendaftaran dilakukan di 4 lokasi yaitu BINUS Kemanggisan, Senayan, Bekasi dan Alam Sutera. Pendaftar sejumlah 33 Binusian dan dalam proses seleksi ada 16 Binusian yang lolos, dan diharapkan dapat mengembangkan diri dengan proses pembelajaran dan praktek menjadi trainer.

Gambar 1: Proses Seleksi Associate Trainer SDC

Setelah dinyatakan lolos seleksi, teman-teman Associate Trainer menjalani pembelajaran melalui googleclassroom yaitu self learning sebanyak 2 kali dan setiap sesinya diakhiri dengan mengerjakan assignment. Pada Self Learning sesi 1 mempelajari topik tentang Adult Learning, Training Introduction, Training Format, Ice Breaking & Energizer, dan pada Self Learning sesi 2 belajar tentang Nonverbal Communication, Presentation Skill, Type Of Audience, Handling Question.