People Innovation Excellence

“Self Help” is Social Media Causing Some Negative Impact?

Hai kalian yang melek teknologi!

Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan social media!? Coba aja cek HP kalian..

Nah kali ini saya tidak akan bahas banyak mengenai apa sih social media, tapi lebih ke dampak, issue yang berkembang, dan bagaimana sih supaya kita lebih bijak bersosmed. Ya yang sudah bijak, semoga lebih bijak.

Sebelum menulis artikel ini, saya browsing terlebih dahulu dan menemukan bahwa ternyata social media bisa menyebabkan stres!

 

Is social media  causing anxiety, stress, and depression?

Pemikiran bahwa social media  dapat menjadi suatu hal yang berbahaya adalah bukan hal baru. Mungkin dalam level tertentu, social media  bisa menyebabkan seseorang merasa stres dan cemas. Contohnya ketika kita melihat social media  teman kemudian kita merasa cemas melihat orang lain lebih happy atau lebih beruntung dibanding kita, dan sebagainya. Hal ini kita konsumsi setiap hari, tentunya hal ini lah yang membuat social media  menjadi hal yang bisa mempengaruhi keadaan psikologis seseorang.

 

Berikut beberapa poin penting mengenai social media  yang disoroti oleh banyak peneliti:

  1. Lamanya waktu menggunakan social media berkorelasi dengan tingkat depresi seseorang Peneliti menemukan bahwa semakin lama mengkonsumsi social media  maka seseorang akan semakin merasa cemas.
  2. Social media membuat kita kecanduan, membuat kita sulit untuk berhenti mengaksesnya. Salah satu alasannya ketika kita post sesuatu di social media  dan mendapatkan apresiasi atau reward positif dari orang lain, maka kita akan cenderung terus melakukannya dan mengharapkan respon yang sama dari orang lain.
  3. Social media dapat membuat kita merasa tidak happy, kurang puas, dan resah. Mengapa hal ini terjadi? Karena banyak orang menjadi membandingkan kehidupan mereka dengan orang lain. Postingan di social media  cenderung memperlihatkan sesuatu yang ideal sehingga bisa menyebabkan orang lain yang melihatnya merasa resah dan mulai membandingkan dengan dirinya.
  4. Penggunaan sosial media yang tak semestinya dapat berujung pada penghinaan atau pelecehan terhadap orang lain, bahkan anak-anak. Bahaya lainnya yang suka terlupakan adalah konten-konten berbahaya seperti gambar atau video porno yang bisa diakses dengan mudah oleh anak-anak.
  5. Bisa mempengaruhi produktivitas kerja karena waktu orang banyak digunakan untuk mengakses social media.

Poin terakhir nih ya, penting! Satu jam kerjain tugas, 30 menitnya buka-buka instagram hihi…

 

Namun, Tidak selamanya social media  menjadi hal yang negatif:

  1. Social media dapat memperluas jaringan atau networking kita.
  2. Social media membantu seseorang untuk lebih bisa bersosialisasi. Hal ini terjadi karena mereka merasa lebih nyaman dan aman ketika harus bersembunyi di belakang layar untuk dapat bersosialisasi dengan orang lain. Namun melalui social media  mereka dapat lebih mengekspresikan diri mereka walaupun tidak secara real atau di dunia nyata.
  3. Kita bisa berinteraksi dengan semua orang di belahan dunia manapun, termasuk bertemu kembali dengan orang yang mungkin sudah lama tidak bertemu dan berada jauh di sana.
  4. Sebagai sarana untuk saling berbagi pengalaman dan tips and trik mengenai sesuatu.
  5. Sebagai sarana berbisnis, kita bisa menawarkan barang atau jasa kepada orang lain.
  6. Social media juga bisa menjadi sumber informasi.

So, Be A Smart User…

  • Filter pertemanan. Sebaiknya jangan asal menambah atau menerima pertemanan yang mungkin saja membawa efek negatif bagii kita. Selain itu juga melindungi kita dari kejahatan.
  • Pasang foto profil yang sewajarnya, kenapa? Karena hal ini mengidentifikasikan diri kamu dan memudahkan orang lain atau sahabat untuk menemukan akun kalian. Selain itu juga gunakan foto profil yang wajar tanpa usur negatif.
  • Pikir dahulu sebelum membuat status atau posting sesuatu. Jangan sampai postingan atau status kalian memancing pihak lain untuk merespon negatif. Postinglah sesuatu yang bermanfaat atau positif!
  • Jauhi perdebatan yang negatif, karena ya tentunya bisa merusak hubungan kalian juga dan orang lain pun bisa menjadi pengamat yang tentunya pasti mereka bisa memberikan penilaian tertentu kepada diri kalian.
  • Pastikan akun Anda memiliki proteksi yang baik
  • Jadikan social media sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri bukan untuk membuat diri kalian tidak berharga atau tidak bernilai
  • Kalau bisa dibatasi penggunaan media sosialnya ya guys dan lebih memanfaatkan waktu untuk berkumpul dengan orang tercinta. Mungkin bisa buat peraturan ketika berkumpul nggak menggunakan HP kecuali untuk keadaan darurat.

Mimin juga kasih beberapa referensi situs keren yang bisa menambah wawasan kita, mulai dari wawasan ringan hingga yang ilmu yang lebih serius. Jadi pengetahuan kalian bertambah gitu, tidak hanya tahu facebook, instagram, twitter saja….

Cekidot, Gaes!

  1. Youtube Education, kita bisa nonton video edukasi pendek
  2. Ted “ideas worth spreading” yang berisi video inspiratif dari banyak orang dan kalangan. Dijamin video-video mereka dapat membuat kalian membuka pikiran dan menambah wawasan kalian.
  3. Quora “A place to gain and share knowledge”. kita bisa bertanya, lalu dunia (alias netizen yang lain) akan menjawab namun ehm..mungkin jawabannya lebih sahih, komplit, dan smart kali yaa… Quora juga didukung para ahli yang bakal menjawab pertanyaan kita. Asal jangan nanya jodoh kita siapa ya guys!
  4. Google Scholar cukup membantu kalian yang mencari literatur ilmiah, buku, atau apapun.
  5. Khan Academy, situs kursus online yang menyediakan berbagai macam topik sesuai kebutuhan kita dan bisa diakses kapan dan dimana saja. Kalian juga bisa merekomendasi Khan Academy ini untuk adik-adik, guru, atau siapapun karena situs ini cukup masuk ke semua usia. Mungkin kalian perlu belajar tambah-tambahan lagi? Silahkan berselancar….
  6. Brainpump Learn something new and feed your curiosity”. Di sini kita bisa belajar hal-hal scientific ringan yang mungkin terlihat nggak penting tapi seru untuk diulik. Misal “kenapa ya jalur sungai berkelok-kelok? Kenapa hayooo..?
  7. Mental Floss. Bukan otak saja yang perlu diasah, otak juga loh…Yuk refreshing sambil memperkaya wawasan.
  8. Lifehacks, sebuah situs yang berisi tips serta fakta sederhana tentang kehidupan sehari-hari. Mungkin yang lagi bertanya-tanya tentang kehidupan, silahkan yuk ke mari…


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close