Binusian Berprestasi: Shaping Your Future through Competitions

Hi Binusian!

Pernah nggak sih berpikiran kalau ikut lomba itu tujuannya hanya untuk menang? Atau mungkin berpikiran buat apa sih ikut lomba kalau ujung-ujungnya kalah? Mindset tersebut kurang tepat loh, Binusian! Pada dasarnya, dengan mengikuti lomba, menang hanyalah bonus saja, tetapi segala proses mulai dari mengasah skill, persiapan lomba, pengalaman saat lomba, hingga setelah lomba merupakan inti yang menjadi bekal kamu untuk masa depan.

Kali ini, yuk intip pendapat mengenai pentingnya ikut lomba dari Joanna Florencia Budiyanto dari Public Relations B25, dan Franceline Princesa Winarendra dari Entrepreneurship Business Creation B25, second-runner up dari Preston Fest Dance Competition 2023!

Penting untuk melatih mental

Menurut Celine, saat mengikuti lomba dance tersebut, Ia merasa senang dan deg-deg an. Hal tersebut dikarenakan mereka harus menampilkan dance mereka di hadapan banyak orang di Stadion Gajayana, Malang. Sebelumnya, akibat pandemi, Celine dan Joanna pernah mengikuti lomba dance, tetapi virtual atau melalui online saja sehingga mereka kurang merasa nervous karena tidak dilihat banyak orang. Bahkan kembali ke sebelum pandemi, pengalaman mereka saat SMA adalah dance di GOR Bimasakti saat event DBL, yang kapasitasnya jauh lebih kecil daripada Stadion Gajayana sehingga tidak terlalu gugup. Melalui Preston Fest Dance Competiton, Celine dan Joanna belajar melatih mental dan rasa percaya diri mereka di depan banyak orang. Kesempatan untuk merasakan hal ini tentunya hanya bisa didapatkan saat mengikuti lomba, loh!

Penting untuk masa depan

Selanjutnya, dalam interview SDC dengan Joanna, Ia mengatakan bahwa ikut lomba itu sangat penting bagi masa depan. Hal ini seketika langsung disetujui oleh Celine. Menurut mereka, selain untuk melengkapi CV sebelum masuk ke dunia kerja, pengalaman ikut lomba jauh lebih penting untuk masa depan. “Entah mau kamu masukkan ke CV atau tidak, pengalaman yang didapatkan ketika ikut lomba itu tidak dapat didapatkan di tempat lain”, kata Celine. Kami pun setuju dengan hal ini. Dengan mengikuti lomba, kamu dapat merasakan rasa kompetitif, mendapat pengetahuan baru, dan seperti yang sebelumnya dituliskan, kamu dapat melatih mental kamu untuk masa depan!

Pesan terakhir dari Celine dan Joanna adalah jangan takut dan ragu untuk mengikuti lomba. Apapun lombanya, individu maupun kelompok, kamu harus percaya diri dan optimis! 

Tunggu apa lagi? Yuk join Celine dan Joana jadi Binusian @Malang yang mbois dan berprestasi!

Shannon Ariella Suhartono