Preparatory Training FYPL B2028 BINUS @Malang Campus : Becoming the Captain of Leadership Journey

Pada tanggal 23 Maret 2024, Student Development Center (SDC) BINUS University menyelenggarakan kegiatan pembekalan bagi para First Year Program Leader (FYPL) B2028 dengan topik Becoming the Captain of Leadership Journey. Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan para FYPL dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Melalui serangkaian materi dan kegiatan yang disiapkan, FYPL diharapkan dapat mengembangkan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan yang dibutuhkan dalam menjalankan peran mereka.

Acara pembekalan ini dilaksanakan secara hybrid, dengan peserta berasal dari beberapa area seperti Alam Sutera, Kemanggisan, Bekasi, Senayan, Bandung, Malang dan Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan secara terpusat onsite di BINUS Anggrek. Sedangkan untuk Area Kampus Malang dan Semarang berjalan secara hybrid di Kampus Area masing2.  Kegiatan pembekalan ini berlangsung mulai dari pukul 10.00 hingga 18.00 WIB. Dalam satu hari tersebut, FYPL dibimbing melalui beberapa sesi yang dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang kemampuan komunikasi sebagai seorang pemimpin dan keterampilan kepemimpinan lainnya.

Rangkaian kegiatan pembekalan dibuka dengan registrasi peserta, dan disambung dengan sambutan dari Master of Ceremony yang dibawakan oleh Kak Janus dari SDC Jakarta untuk menyambut dan memberikan semangat kepada peserta kegiatan. Selanjutnya, Ketua First Year Program (FYP), Bapak Robby Saleh, S.Kom., M.T., turut menyampaikan sambutannya. Beliau memberikan pengarahan yang menginspirasi tentang pentingnya memahami peran dan tanggung jawab sebagai seorang pemimpin.

Selain itu, meskipun kegiatan dilakukan secara hybrid, kekompakan antar peserta dari masing-masing Area Kampus sangat terlihat. Sesi games bersama menjadi salah satu momen yang paling dinantikan. Peserta diberi kesempatan untuk saling berinteraksi, dan berkenalan satu sama lain. Permainan tic-tac-toe menjadi awal yang menyenangkan, memberikan dorongan bagi peserta untuk berinteraksi dan bekerja sama dalam suasana yang santai.

Sesi games dilanjutkan dengan sesi Quizziz yang memberikan tantangan bagi FYPL untuk menguji pemahaman mereka tentang FYP dan BINUS University. Pada sesi ini para peserta FYPL Malang dibagi ke dalam dua kelompok, masing-masing terdiri dari enam anggota. Dengan komposisi tim yang telah ditentukan, suasana persaingan pun terasa. Setiap kelompok memiliki satu tujuan yaitu untuk membuktikan pemahaman mereka tentang pengetahuan dasar dari BINUS University.  Selain menjadi ajang untuk menguji pemahaman, sesi Quizziz juga menjadi kesempatan bagi peserta untuk belajar secara kolaboratif.

Setelah rangkaian games Quizziz selesai, para peserta FYPL siap untuk menghadapi tantangan berikutnya yakni sesi games Puzzle. Pada sesi ini tidak hanya dirancang untuk melatih kolaborasi tim, tetapi juga untuk menguji strategi pemecahan masalah dan kreativitas peserta. Pada sesi games ini setiap kelompok diberikan sebuah puzzle yang belum tersusun. Tugas peserta adalah menyusun setiap bagian puzzle hingga membentuk sebuah gambar dan tulisan. Sesi games Puzzle tersebut merupakan tiket masuk ke permainan selanjutnya yaitu di sesi games Team Pen, karena di dalamnya terdapat sebuah kata yang akan menjadi kunci untuk melanjutkan permainan berikutnya.

Pada sesi games Team Pen, para peserta membentuk pembagian dua peran yaitu koordinator dan anggota. Koordinator memiliki tanggung jawab untuk memberikan instruksi dan mengarahkan anggota kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Sementara itu, anggota kelompok akan mengenakan penutup mata dan diminta untuk memegang tali yang terikat dengan spidol. Dalam sesi ini, koordinator harus berkomunikasi dengan jelas dan memberikan arahan yang tepat kepada anggota kelompok yang memiliki penutup mata untuk menuliskan kata yang tersusun pada sesi puzzle sebelumnya. Melalui kolaborasi, komunikasi, dan kerjasama yang terjalin dalam aktivitas ini, peserta tidak hanya memperoleh pemahaman  tentang kepemimpinan, namun juga memperkuat ikatan sebagai satu tim.

Setelah sesi games dilakukan untuk menyatukan peserta dalam suasana yang hangat dan akrab, kegiatan pembekalan ini terus berlanjut dengan serangkaian sesi materi yang mendalam dan reflektif. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta dalam menghadapi tantangan kepemimpinan yang akan mereka hadapi selama menjalani peran sebagai FYPL. Sebelum memasuki sesi materi, peserta diminta untuk mengisi Padlet untuk memberikan concern terkait dengan kendala yang dihadapi terkait dengan Komunikasi sebagai Pemimpin.

Sesi materi pertama mengangkat topik “Engaging Communication as a Leader” yang dibawakan oleh Riza Perdana Kusuma (Leadership & Customer Centricity Advisor). Dalam sesi ini, peserta diperkenalkan pada konsep-konsep penting tentang komunikasi yang efektif dalam konteks kepemimpinan. Selain itu peserta juga diajak untuk memahami pentingnya menjadi seorang pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik dan membangun hubungan yang kuat dengan tim mereka..

Selanjutnya, sesi materi kedua dibawakan oleh Bapak Thomas Suhardja (Chief of Human Capital Halodoc ID). Dalam pemaparan materi dan diskusi tentang “Get Ready to Become A Leader”, peserta diperkenalkan pada konsep fixed mindset dan growth mindset sebagai seorang pemimpin. Pada sesi ini para peserta juga diajak untuk memahami pentingnya memiliki sikap dan pola pikir yang fleksibel dan adaptif dalam menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan sebagai seorang pemimpin.

Setelah sesi materi dilakukan, masing-masing Area Kampus melakukan refleksi bersama untuk menggali pemahaman yang lebih dalam tentang materi yang telah disampaikan. Peserta juga diajak untuk merenungkan dan memahami bagaimana materi tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan di lingkungan kampus khususnya saat menjalani peran mereka nantinya sebagai FYPL. Melalui pengisian Padlet, peserta juga diminta untuk membuat komitmen pribadi sebagai FYPL, menegaskan tekad mereka untuk menjadi pemimpin yang mampu mengedepankan komunikasi efektif dan growth mindset. Dengan refleksi ini, peserta tidak hanya mendapatkan pemahaman yang lebih dalam terkait dengan materi yang telah disampaikan, namun dengan refleksi ini tentunya juga memperkuat komitmen mereka sebagai FYPL untuk mau belajar dan terus berkembang sebagai pemimpin yang berkualitas, dan siap menghadapi tantangan.

Dengan berakhirnya kegiatan pembekalan ini, para peserta diharapkan telah siap untuk menjalankan tugasnya, dan semoga semangat dan komitmen yang mereka miliki akan membawa banyak perubahan baik dalam perjalanan mereka sebagai FYP Leader.

 

 

Student Development Center BINUS @Malang