Briefing FYP Leader B2028 : Congrats to the Chosen Ones for FYPL B2028!

Hi Binusian!

Pada hari Kamis, 21 Maret 2024, Student Development Center (SDC) BINUS @Malang Campus menyelenggarakan kegiatan Briefing First Year Program Leader (FYPL). Acara ini menjadi langkah awal bagi para mahasiswa terpilih sebagai First Year Program Leader (FYPL) B2028 untuk memahami peran serta tanggung jawab mereka untuk keberhasilan kegiatan First Year Program (FYP).

First Year Program (FYP) merupakan program pendampingan selama setahun penuh yang diselenggarakan oleh Binus University untuk Freshmen (mahasiswa baru).  Adapun tujuan kegiatan ini dilaksanakan bukan sebatas freshmen mengenal dunia kampus saja, lebih dari itu yakni untuk membantu proses adaptasi freshmen selama satu tahun perkuliahan, baik secara akademis maupun sosial.

FYP terdiri dari serangkaian kegiatan, seperti Orientation & Transition Program (OTP), Week of Welcoming (WOW), Academic Experience (AE), Inaugurasi, dan Excellence Program. Di dalam rangkaian ini, FYPL memainkan peran penting sebagai penghubung antara Freshmen Leader (FL), Freshmen Partner (FP), dan unit-unit terkait seperti Student Development Center (SDC), Program Studi/Program, serta Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Mereka bertanggung jawab memimpin dan mengkoordinasikan kelompok FL dan FP sesuai dengan program studi masing-masing, mulai dari persiapan FYP hingga berakhirnya Excellence Program dalam periode 1,5 tahun.

Berikut adalah daftar nama-nama mahasiswa terpilih sebagai FYPL B2028 di BINUS @Malang:

  1. Syahla Athalia Athaya
  2. Muhammad Hafizh Raihan Daniswara
  3. Richard Wijaya Harianto
  4. Aris Soedewo
  5. Muhammad Fadhil Febrininindratno
  6. Christine Natasya Mulyo
  7. Grace Maria Yosephine Agustin Gultom
  8. Jesslyn Emmanuela Njoto Prawiro
  9. Devina Anandhita Hantara
  10. Keishia Hutamargo
  11. Christiando Aditya Korompis
  12. Eligius Vidhitya Vinotama
  13. Inryana Kristiani Karinda

Peran FYPL memiliki tanggungjawab yang harus dipenuhi yaitu :

  1. Koordinasi Kegiatan FYP: Melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk menyelenggarakan seluruh rangkaian kegiatan FYP.
  2. Pengembangan Tim: Memimpin, mengkoordinasikan, dan membangun kerja tim bersama FL dan FP untuk mencapai tujuan keberhasilan kegiatanFYP.
  3. Penyelesaian Masalah: Memahami masalah yang muncul selama pelaksanaan FYP dan mencari alternatif pemecahan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Briefing FYPL menjadi wadah bagi para FYPL B2028 untuk memahami peran mereka dengan lebih baik. FYPL juga diperkenalkan dengan informasi tentang FYP, detail tugas FYPL, serta Support System yang tersedia. Selain itu, FYPL pada sesi ini juga berbagi pengalaman dalam sharing session bersama FYPL B2027, Kak Fira Angelia Gafur, yang merupakan FYPL Jurusan Digital Business Innovation BINUS @Malang Campus.

Dengan demikian, dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan para FYPL B2028 siap mengemban tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik, serta mampu membangun potensi kepemimpinan di lingkungan kampus BINUS @Malang.

Teruslah berkarya dan menjadi inspirasi bagi sekitarmu Binusian!

 

Student Development Center BINUS @Malang