Softskill Booster #1 2024 : Find The Leader In You

Hi Binusian! 

Ngomongin soal kepemimpinan, sebenernya penting banget loh ! Kadang-kadang, kita bisa aja ngeliat orang lain jadi pemimpin, tapi nggak sadar kalo kita sendiri punya potensi untuk menjadi leader yang keren.  Dengan memiliki karakter pemimpin pastinya kita bisa lebih percaya diri dalam mengambil inisiatif, menginspirasi orang lain, dan mengelola tim dengan baik. 

Untuk memenuhi kebutuhan pengembangan mahasiswa dan khususnya untuk menemukan jiwa kepemimpinan, maka pada tanggal 15 Maret 2024 team Student Development Center BINUS @Malang menyelenggarakan kegiatan Softskill Booster dengan topik Find The Leader in You. Seminar ini dibawakan oleh Danar Indra, M.Ikom yang tentunya memiliki segudang pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki di bidang kepemimpinan. Saat ini beliau merupakan CEO dan Founder Cara Bicara. 

Selain karena topik Leadership belum pernah dibahas pada series Softskill Booster sebelumnya, tujuan seminar ini diadakan untuk meningkatkan pemahaman tentang karakteristik dan keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin. Selain itu dalam seminar ini juga dibahas terkait dengan tantangan apa saja yang dihadapi dalam peran kepemimpinan anak muda dan cara mengatasinya, bagaimana kemampuan berkomunikasi yang baik sebagai pemimpin, pemecahan masalah, membangun teamwork yang kuat, pengambilan keputusan, dan bagaimana mengetahui gaya kepemimpinan yang dimiliki.

Sebelum memulai kegiatan Softskill Booster #1 Find the Leader In You, para peserta kegiatan dipersilahkan untuk melakukan registrasi. Kemudian, moderator menyambut peserta dan memaparkan agenda kegiatan yang akan dilaksanakan. Acara dibuka dengan doa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya & Hymne BINUS. Tidak lupa, pada kegiatan ini juga dibuka dengan sambutan, arahan dan memberikan semangat kepada peserta dari Bapak Choirul Huda S.Kom., M.M yang merupakan Deputy Campus Director – Academic, Research and Student Development. 

Selanjutnya, pada sesi utama yakni pemaparan materi yang dibawakan oleh Kak Danar Indra, M.Ikom. Pada sesi ini para peserta sangat antusias dan aktif. Adapun juga materi yang dibawakan pada saat itu tidak hanya berupa pengetahuan terkait dengan kepemimpinan, namun Kak Danar juga mengajak para peserta untuk memberikan pemahaman lebih dalam terkait dengan kepemimpinan yang efektif.  

Salah satu topik yang menarik yakni apa saja yang diperlukan untuk membuat diri kita sebagai pemimpin. Para peserta belajar bahwa menjadi pemimpin bukan hanya tentang memiliki privilege atau kekuasaan, namun seorang pemimpin harus menyeimbangkan perhatian terhadap individu dan kepentingan team. Pada topik ini juga dibahas bagaimana cara membentuk dan mengelola team untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini, sebagai seorang pemimpin tidak memegang satu peran sebagai pemimpin saja, namun seorang pemimpin juga harus mampu beradaptasi dengan peran2 yang berbeda yakni sebagai supporter, helper, negosiator dan sebagai leader.  

Kemampuan kepemimpinan yang penting untuk mendukung kerja tim terdiri dari 5 yakni kemampuan mendengarkan yang baik, berpikir kritis, mampu mempersuasi/ meyakinkan, serta memiliki jiwa pelayanan yaitu mau membantu dan mengorbankan wakt. Pada dasarnya, kelima kemampuan ini didasarkan pada sikap saling menghargai/ respect.  

Berakhirnya sesi, Kak Danar memberikan pesan dan kesimpulan bahwa kepemimpinan bukanlah hal yang hanya dimiliki oleh beberapa orang. Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin, asalkan memiliki kemauan untuk belajar dan mengembangkan diri.   

Setelah penyampaian materi disampaikan, para peserta sangat antusias untuk memberikan pertanyaan dan menyampaikan/ sharing pengalaman yang dihadapi. Adapun juga Kak Danar juga memberikan beberapa tips dan solusi bagi para peserta yang bertanya.  Sesi akhir dari kegiatan Softskill Booster ini ditutup dengan pengisian feedback dan exit ticket, doa penutup, dan foto bersama.  

Melalui kegiatan ini sekiranya para peserta tidak hanya memberikan wawasan tentang kepemimpinan, tetapi juga dapat menginspirasi peserta untuk mencapai potensi kepemimpinan yang mereka miliki. Dengan berbagai materi yang dibahas, peserta diharapkan juga dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang efektif, serta memotivasi mereka untuk terus berkembang dalam peran kepemimpinan. 

 

 

Student Development Center BINUS @Malang