MUREALFI 2023 : “Berkarya dengan Seni Menuju Nusantara Kreatif”

Teach For Indonesia Student Community melakukan kegiatan mural di SD Negeri 2 Tirtomoyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kegiatan ini dikenal sebagai “Murealfi” yang melibatkan volunteer mahasiswa dari jurusan Visual Communication Design dan Interior Design serta beberapa murid SD. Acara Murealfi dilakukan dengan tujuan sebagai wadah penyaluran kemampuan dan bakat seni yang dimiliki oleh para volunteer TFISC. Acara ini dilakukan pada tanggal 16 September 2023 dan 23 September 2023 dengan slogan yang dimilikinya, yaitu “Berkarya dengan Seni Menuju Nusantara Kreatif”.

Melalui semangat yang tinggi, para panitia dan volunteer berkumpul di lokasi acara pada pagi hari untuk mempersiapkan jalannya acara ini. Pada tanggal 16 September 2023, kami membersihkan area mural dengan mengecat dinding dengan warna putih. Tidak hanya itu, kami juga membersihkan getah pohon dan debu yang ada pada dinding. Lalu acara dilanjut pada tanggal 23 September 2023, yaitu kegiatan mural bersama para murid SD.

Pertama-tama kami melakukan briefing dan pembukaan pada pukul 07.00 WIB. Selanjutnya para volunteer mulai membuat sketsa di dinding berukuran 6m x 1m. Di sisi lain, para panitia menyiapkan dan melakukan perpaduan warna. Dari sini kami banyak belajar hal baru, yaitu memadukan warna dan membuka kaleng cat. Setelah sketsa menggunakan pensil telah selesai, kami melakukan outlining agar para murid SD lebih mudah melakukan pengecatan. Siswa-siswi SD Negeri 2 Tirtomoyo sangat antusias dengan adanya kegiatan ini karena mereka dapat menyalurkan bakat dan memperindah sekolah mereka. Di sini kami juga belajar membimbing para murid SD untuk melakukan mural. Pelaksanaan kegiatan mural ini dilakukan dengan teknik melukis menggunakan cat akrilik. Selanjutnya, kami melakukan ISOMA selama 30 menit dan melanjutkan ke tahap finishing. Setelah selesai, kami melakukan sesi foto bersama dengan hasil mural sebagai kenang-kenangan. Tidak lupa acara ditutup dengan membersihkan dan merapikan area mural seperti semula sebagai bukti tanggung jawab kami dalam menjaga lingkungan.

Murealfi mengusung tema mural Go Green dengan harapan siswa-siswi SD Negeri 2 Tirtomoyo menjadi lebih bersemangat dalam menjaga kebersihan lingkungan serta menjaga kelestarian alam yang dimiliki oleh Indonesia. Dalam acara ini tidak hanya panitia dan volunteer yang terlibat, tetapi juga guru-guru SD Negeri 2 Tirtomoyo dengan sukarela membantu kami dalam menyiapkan dan memberikan dukungan. Hal ini menunjukkan tingginya antusiasme dan kebersamaan kami dalam menjalankan acara ini.

Selain menjadi ajang untuk menyalurkan bakat seni, acara ini berhasil mempererat hubungan para panitia, volunteer, dan pihak-pihak terkait lainnya. Kolaborasi ini menjadi langkah nyata dalam mewujudkan nilai gotong royong dan kebersamaan dalam membangun lingkungan sekitar yang lebih baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah bersedia menjadi partner kami serta mengizinkan kami menggunakan fasilitas yang ada untuk menunjang kegiatan ini.

UKM TFISC