Bonding Mentor to Mentee : “Having Purpose: The Key to Unlocking Your Potential”

Hi BINUSIAN !!

Tau nga sihh!? Bonding Mentor to Mentee adalah program mengasikan yang sering diadakan di BINUS @Malang. Hal itu ada setiap 1 semester guna untuk membantu mahasiswa mengembangkan nilai akademik. Program ini berfokus untuk membantu mahasiswa (Mentee) untuk mencapai nilai standar kampus BINUS @Malang. Dibantu oleh (Mentor) yang merupakan bagian dari mahasiswa DUTA BINUSIAN.

Program kegiatan Bonding Mentor to Mentee ini diadakan oleh SAC BINUS @Malang. Memiliki beberapa rangkaian acara seperti game, dan diskusi bersama Mentor dan Mentee. Selain itu ada juga beberapa rangkaian acara seperti registrasi, tes psikologi, dan penjelasan terkait tugas Mentor dan Mentee.

Pada saat memulai acara, kegiatan dilangsungkan dengan registrasi peserta untuk para Mentor dan Mentee. Dilanjutkan dengan pembukaan yang dibawakan oleh MC untuk memandu jalannya acara. Sebagaimana, MC secara seksama mengajak para peserta untuk ikut memeriahkan acara Bonding M to M. Dimulai, dari bridging peserta kedalam doa bersama yang dipimpin oleh perwakilan dari mahasiswa BINUS @Malang. Doa bersama ini adalah bentuk harapan, rasa syukur atas kelancaran kegiatan Bonding M to M agar kegiatan dapat memberi manfaat kepada seluruh angota yang terlibat.

Mulainya memasuki acara utama, para peserta dipersilahkan untuk mengisi tes psikologi yang di tampilkan oleh panitia. Mentor dan Mentee dapat mengisi tes yang telah diberikan yaitu  VARK dan DISC. Dengan begitu, para peserta dapat mengetahui karakteristik diri mereka berdasarkan kemampuan yang mendominasi ditiap pribadi masing-masing. Seperti VARK yaitu mengenai tipe-tipe belajar secara efektif yang dilakukan kebanyakan orang dalam mendalami pemahaman materi pelajaran dan DISC adalah penilaian diri perilaku berdasarkan teori emosional dan perilaku .

Seusai tes bersama, kegiatan berlanjut ke sesi game yang juga diarahkan oleh MC. Games ini merupakan salah satu langkah awal kedekatan antara Mentor dan Mentee. Disesi ini, mereka diajak untuk memainkan game tebak tebakan untuk dapat saling mengenal satu salam lain. Terlebih dengan adanya game tersebut mereka dapat mengetahui keunikan masing-masing dan menyatukan 1 tujuan yang sama untuk program 1 semester mentoring.

Nah acara Bonding M to M terdapat juga sesi diskusi bersama. Sesi ini merupakan salah satu bagian untuk membantu meningkatkan kerjasama dalam menyelesaikan kendala. Sebagaimana, Mentor diajak untuk memimpin kegiatan diskusi yang terdiri dari kendala Mentee pada 1 semester sebelumnya, berdiskusi terkait solusi yang ada, serta membuat komitmen bersama. Sehingga Mentor dapat dan memberikan penyelesaian sesuai prospek mentoring kedepanya.

Seusai diskusi bersama, Mentor dan Mentee diajak untuk sharing bersama terkait hasil dari diskusi tadi. Hal ini bertujuan agar peserta yang lain dapat belajar dari hasil sharing teman-teman yang lain. Acara Bonding M to M pun ditutup dengan adanya pembekalan tugas kepada tiap Mentor dan Mentee mengenai kewajiban mereka. Harapan kedepanya Mentee dan Mentor dapat menjalankan tugas dan peranya masing masing demi kelancaran berkuliah di BINUS @Malang. Jadi dengan ini, acara Bonding M to M ditutup sebagai awal kegiatan mentoring yang akan berjalan 1 semester. So.. See you on next Bonding M to M.

BINUS @Malang Mbois.