Motivational Seminar : Find Your Learning Style

HI BINUSIAN !!
Gimana kabarnya nih? semoga baik baik saja yaa..

Teknik belajar adalah salah satu hal yang perlu kita pahami sebagai mahasiswa. Banyaknya tugas dan kegiatan di kampus merupakan sebuah tantangan yang akan dihadapi oleh mahasiswa. Lalu apa jadinya jika kita justru kesulitan menghadapi tantangan tersebut dan menghambat capaian akademis kita sebagai BINUSIAN.

Tak perlu khawatir, karena SAS BINUS @Malang mengadakan kegiatan seminar motivasi yang dapat membatu kita untuk mempermudah jalannya perkuliahan di kampus. Pada tanggal 10 Oktober 2023 SAS (Student Advisory and Support Center) BINUS @Malang mengadakan seminar bertemakan “Find Your Learning Style”. Judul ini diangkat dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan kita mengenai gaya belajar yang efektif dan efisien melalui mengenali preferensi gaya belajar masing-masing.

Seminar ini dibawakan oleh Counselor BINUS @Malang Natasha Gandhi, M. Psi., Psikolog yang telah berpengalaman dalam membantu para BINUSIAN meningkatkan semangat dan keinginan belajar. Adapun rangkaian kegiatan seperti sesi pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan test VARK (Visual, Auditori, Read, dan Kinestetic) untuk mengetahui preferensi gaya belajar.

Sebelum mulai ke sesi utama yaitu pemaparan materi. Para peserta dipersilahkan untuk melakukan registrasi. Selanjutnya Moderator menyambut peserta dan memaparkan agenda kegiatan yang akan dilaksanakan. Acara dibuka dengan doa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya & Hymne BINUS. Setelah itu, masuk  ke acara utama yakni pemaparan materi yang disimak secara seksama oleh para peserta. Selanjutnya, para peserta diarahkan untuk mengisi test untuk mengetahui preferensi gaya belajar yang dimiliki berdasarkan Visual, Auditori, Read, atau Kinestetic.

Di dalam materi tersebut, dijelaskan bahwa gaya belajar masing masing individu itu berbeda. Apabila memiliki gaya belajar Visual mereka akan lebih cenderung melihat sesuatu, suka melihat gambar,diagram, pertunjukkan, peragaan atau menyaksikan video. Gaya belajar auditori maka belajar melalui mendengar sesuatu, suka mendengarkan kaset audio, ceramah-kuliah, diskusi, debat dan instruksi (perintah) verbal. Sedangkan gaya belajar read memiliki tipikal belajar dengan cara membaca dan menulis akan lebih cepat memahami teks bacaan yang panjang, mencari topik permasalahan, menyimpulkan isi berita, serta memiliki kreativitas dengan modal tulisan yang rapi. Selanjutnya, Kinestetik yang lebih suka belajar melalui aktivitas fisik dan keterlibatan langsung, suka ”menangani”, bergerak, menyentuh dan merasakan/mengalami sendiri.

Berakhirnya sesi test para peserta akan menilai dirinya sendiri berdasarkan poin yang telah dikumpulkan. Poin-poin yang terkumpul menentukan kualifikasi mereka tergolong dalam gaya belajar Visual, Auditori, Read atau Kinestetic. Sebaliknya adapun pertanyaan “ Kalau waktu SMA saya masuk ke golongan Auditori dan saat ini saya memliki gaya belajar Visual apakah itu bisa berubah?”. Gaya belajar yang ditentukan sekarang bukanlah sebuah ketentuan yang paten karena hal tersebut akan dapat berubah seiring berjalannya waktu kedepan.

Sesi akhir dari kegiatan motivational seminar ditutup dengan pengisian feedback, doa penutup, dan foto bersama. Semoga rangkaian acara ini dapat memberi kita pandangan lebih dalam terhadap diri kita dan meningkatkan kemampuan belajar berdasarkan Learning Style kita masing masing. So See You on next Motivational Seminar.

BINUS @Malang Mbois.