Studying How to Study? Tips Belajar Ujian Ala Maudy Ayunda

Hi Binusian!

Menjelang pekan Ujian Akhir Semester Genap 2022/2023, pastinya banyak dari kalian yang mulai khawatir, bingung, dan takut akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan. Berbagai tips belajar mulai dari A hingga Z sudah kalian terapkan, tetapi tetap saja hasilnya kurang memuaskan. Di tambah lagi, kesibukan di masa perkuliahan, mulai dari organisasi, pekerjaan, dan tugas-tugas yang menumpuk tentu membatasi waktu dan ruang kalian untuk mempersiapkan ujian dengan matang Memang benar, usaha tidak akan mengkhianati hasil dan belajar sungguh-sungguh pangkal hasil yang gemilang pula. Namun jangan khawatir, kalian tetap bisa “hack” cara belajar kalian agar bisa belajar seefektif mungkin dan dalam waktu yang seefisien mungkin. Tentunya “hack” ini bukan berarti “cheat” yaa, karena cheat = drop out. Nah, mau tahu caranya? Yuk intip tips belajar ujian ala Maudy Ayunda, penyanyi sekaligus aktor lulusan Stanford University.

Rule #1
Don’t take classes for granted!

Mitos adalah ketika kalian tidak mau memperhatikan di kelas dan berencana untuk mempelajarinya nanti saja saat sudah di rumah. Seringkali, hal ini berujung dilupakan dan menumpuk hingga ujian tiba dan “sistem kebut semalam” terpaksa kalian dilakukan. Nah, menurut Maudy Ayunda, hal ini kurang efisien, loh! Sebisa mungkin, kita benar-benar mendengarkan dan mencatat hal-hal yang diajarkan saat kelas sehingga nantinya kita tinggal melakukan review ulang sebelum ujian. Maksimalkan waktu kalian di kelas karena banyak materi-materi yang “building one another”, sehingga ketika kita tertinggal satu saja, akan sulit untuk memahami topik-topik berikutnya.

 

Rule #2
Practice and Predict

Menurut Maudy Ayunda, salah satu cara efektif untuk belajar dalah dengan mengerjakan latihan soal. Mengapa begitu? Seringkali apa yang dituliskan di textbook dan yang dipertanyakan di ujian memiliki angle yang berbeda. Nah, karena kita harus belajar sesuai dengan angle pertanyaan, maka alangkah baiknya apabila kita mencoba mengerjakan latihan soal terlebih dahulu. Latihan soal akan membantu kita untuk fokus terhadap inti materi yang akan keluar, sehingga kita memiliki gambaran dan prediksi terkait apa yang nantinya akan muncul dalam ujian. 

 

Rule #3
Diagnose your weakness

Langkah setelah mencoba mengerjakan soal adalah mendiagnosa bagian mana yang kalian salah dan mencoba memahaminya lebih lanjut. Setelah mengerjakan soal dan menilainya, kita jadi dapat mengidentifikasi bagian mana yang perlu digaris bawahi dan dipelajari lebih lanjut. Tipsnya, habiskan waktu terbesar kalian untuk mempelajari bagian yang kurang dipahami tersebut. Ingat, kalau waktu kalian terbatas, maka buat prioritisasi berdasarkan hal tersebut. Study smarter, not harder!

 

Rule #4
Learn to Teach

Percaya atau tidak, apabila kita mengajarkan materi yang baru kita pelajari kepada orang lain, maka materi itu akan jauh lebih melekat pada kita. Oleh karena itu, kalian bisa memanggil teman, saudara, atau bersikap seolah-olah sedang menjadi guru, dan berusahalah untuk menjelaskan ulang materi yang kurang dipahami. Hal ini terbukti efektif karena dengan mengajar, kalian akan dipaksa untuk benar-benar paham, melakukan rephrasing atau mendefinisikan sesuai bahasa kalian, dan berusaha menjelaskan kepada orang yang bahkan tidak memiliki konteks terkait hal tersebut sebelumnya. Jangan khawatir, kalau kalian sedang sendirian, kalian juga bisa berbicara kepada diri sendiri atau merekam penjelasan ala kalian dan mendengarkannya ulang.

 

Rule #5
Utilize the technology

Seringkali apa yang dijelaskan di kelas, apa yang dipelajari di latihan soal, dan apa yang tertulis di buku tidak cukup untuk membekali kamu dalam menghadapi ujian. Oleh karena itu, pergunakanlah internet (Google, YouTube, Website) untuk memperluas pengetahuan kalian terkait materi masih kurang paham atau butuh penjelasan lebih luas. Dan jangan lupa, malu bertanya sesat di jalan. Kalian juga bisa, loh bertanya kepada teman dan dosen sekiranya yang bersedia membantu kalian apabila mengalami kesulitan dalam belajar.

Nah, sekian study hacks ala Maudy Ayunda yang bisa kamu terapkan selama Ujian. Ingat, apa yang dituliskan di sini hanyalah satu dari sekian “metode”, sehingga mungkin bisa cocok pada satu orang tetapi tidak pada yang lain. Oleh karena itu, hal yang paling penting tetaplah menggali pemahaman akan diri sendiri sehingga bisa menentukan dan memodifikasi hacks yang sudah ada agar bisa meraih hasil yang maksimal.

 

Good luck on your Exams, Binusian!

Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=OIa5zbXbiqo&list=PLRI6AMyZkfCpfIxm0gBoTBjWY1ijcJ2S2&index=1&pp=gAQBiAQB (Study Hacks ala Maudy Ayunda)

https://www.youtube.com/watch?v=fge4U5GjDUk&list=PLRI6AMyZkfCpfIxm0gBoTBjWY1ijcJ2S2&index=2&pp=gAQBiAQB (Life Hack Belajar dan Ujian ala Maudy Ayunda)

Shannon Ariella Suhartono