Makna Asli Dibalik Istilah Kekinian #Healing

Hi Binusian!

“Duh, aku baru sadar kalau kuliah itu seberdampak itu buat mental healthku. Rasanya aku pengen cuti dan hiling-hiling selama 6 bulan dulu, deh.”

Tentunya para Binusian pernah mendengar kata “Healing” seperti contoh di atas, kan?

Akhir-akhir ini, kata “Healing” sangat sering dipakai oleh kaum muda. Kata “Healing” ini sangat erat kaitannya dengan travelling, jalan-jalan, piknik, atau melakukan hal-hal menyenangkan lainnya. Sebenarnya, apa sih makna asli di balik istilah “Healing” tersebut? Apakah sebatas jalan-jalan dan piknik saja? Yuk, simak artikel ini untuk tahu lebih lanjut!

Pada mulanya, “Hiling-hiling” atau “Healing” merupakan istilah serapan dari kata Bahasa Inggris “Healing” yang berarti suatu proses untuk membuat seseorang sembuh atau terobati. Sebenarnya, kata “Healing” tidak hanya berarti jalan-jalan dan piknik saja, tetapi lebih dari itu, yaitu proses penyembuhan psikologis jiwa, perasaan, dan batin seseorang. Nah mungkin, salah satu caranya adalah dengan jalan-jalan, tetapi ingat bahwa hal tersebut bukanlah satu-satunya cara untuk “Healing”. Masih banyak loh, cara lain untuk “Healing” versi kamu selain dengan jalan-jalan.

 

Perbedaan Healing dan Refreshing

Kira-kira apa ya perbedaan istilah “Healing” dan “Refreshing”? “Healing” mengacu pada proses rekonsiliasi batin dan kesedihan, sementara “Refreshing” lebih mengacu pada mencari kesegaran di kala hari sedang panas (Cambridge Dictionary).

 

Yuk tentukan #Healing ala kamu!

  • Me-time

Salah satu cara untuk “Healing” adalah dengan melakukan me-time. Kamu bisa mencoba melakukan hal-hal yang berkaitan dengan ketertarikanmu, hobi-hobi yang selama ini tidak sempat dijalankan, maupun mencoba hal-hal baru yang ada dalam wishlist kamu! Dengan melakukan me-time, kamu akan menghabiskan waktu dengan dirimu sendiri sehingga kamu dapat lebih merasa rileks dan nyaman.

1. Menulis ekspresif

Pernah mendengar kata “Journaling”? Journaling adalah salah satu metode menulis ekspresif yang menuntut kamu untuk menuangkan perasaan kamu dalam bentuk tulisan. Terkadang, emosi yang kamu rasakan sangat abstrak dan sulit dikenali, sehingga dengan menulis, kamu dapat melakukan refleksi diri sekaligus mengenal emosi-emosi yang kamu rasakan.

2. Maknai masa lalu

Kamu pasti sering melihat banyak sekali quotes mengenai melupakan masa lalu. Memang benar masa lalu tidak untuk disesali, namun sesungguhnya, tidak ada yang salah dengan masa lalu apabila kamu bisa memaknainya secara positif. Walaupun sulit, kamu bisa mencoba perlahan-lahan mengubah pola pikir atas kejadian tidak menyenangkan yang terjadi di masa lalu sebagai pelajaran agar kamu lebih berkembang lagi sebagai pribadi. Dengan begitu, langkah kamu kedepannya akan lebih ringan lagi, loh!

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan apabila ingin melakukan “Healing”. 

Remember,
It is okay to take a deep breath and step back
It is okay if everything takes longer time than what you think

Sumber:
Arti Healing atau Self-Healing untuk Kondisi Diri Yang lebih Baik oleh Gramedia Online – https://www.gramedia.com/best-seller/arti-healing/

Self Healing: Bagaimana Diri Mengobati Luka oleh Kemenkeu RI – https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pangkalanbun/baca-artikel/13939/Self-Healing-Bagaimana-Diri-Mengobati-Luka.html#:~:text=Tujuan%20dari%20self%20healing%20sendiri,dan%20trauma%20di%20masa%20lalu

Self Healing, Menyembuhkan Luka Batin dengan Bantuan Diri Sendiri – https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/29/092426020/self-healing-menyembuhkan-luka-batin-dengan-bantuan-diri-sendiri?page=all 

Refreshing | English Meaning oleh Cambridge Dictionary –  https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/refreshing#:~:text=Meaning%20of%20refreshing%20in%20English&text=making%20you%20feel%20less%20hot,day%20than%20a%20cold%20beer

Shannon Ariella Suhartono