Bonding Mentor to Mentee: Menjadi BINUSIAN yang Tangguh dalam Menghadapi Persoalan Akademik

Hi BINUSIAN!!
BINUS @Malang memiliki program Mentoring, yaitu sarana bagi Mahasiswa/i berkesulitan akademik (Mentee) untuk masuk ke dalam kelompok bimbingan dengan seorang Mentor. Kegiatan yang dilaksanakan adalah membantu proses belajar mata kuliah dengan metode diskusi, latihan soal, ataupun berbagi pengetahuan atau pengalaman.

Pada hari Sabtu, 27 Mei 2023 Student Advisory Center (SAC) BINUS @Malang mengadakan kegiatan Bonding Mentor to Mentee secara onsite. Sebelumnya, kegiatan Mentoring selalu dilaksanakan secara online, sehingga dengan dilaksanakannya secara onsite harapannya dapat membangun kedekatan antar mentor dan mentee agar proses belajar selanjutnya dapat berjalan dengan efektif dan terbuka. Kegiatan Bonding M to M ini terdiri dari tes psikologi, sesi games perkenalan diri, case study discussion, outbond, dan sharing session.

Tes psikologi yang dilaksanakan dalam kegiatan Bonding M to M adalah tes DISC (Dominance, Inducement, Submission, dan Compliance) serta tes VARK (Visual, Auditori, Read, dan Kinestetic). Tes psikologi tersebut ditujukan agar mahasiswa/i mentee dapat mengenal dirinya lebih dalam lagi, sekaligus memahami gaya belajar yang sesuai. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi game perkenalan diri dan case study discussion. Dalam sesi ini, seluruh mentor dan mentee berpartisipasi aktif dalam kelompok untuk saling berkenalan, memecahkan kasus yang telah disediakan, sekaligus mempresentasikan hasil kerja study case yang telah dilakukan.

Kegiatan Bonding M to M lalu dilanjutkan oleh kegiatan outbond. Games yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut meliputi games Dancing Markers, Tebak Kata, Human Knot, dan Mine Field. Keempat games itu bertujuan untuk meningkatkan kekompakkan dan keakraban dalam tiap kelompok mentoring. Para mentor dan mentee mengikuti games-games outbond dengan keaktifan dan antusiasme yang tinggi. Kegiatan lalu diakhiri dengan sharing session, yang merupakan kesempatan bagi para mentee untuk menyampaikan kendala yang dihadapi selama masa perkuliahan. Sesi tersebut juga merupakan momen untuk saling memberi semangat bagi teman-teman dalam satu kelompok mentoring.

Dengan berakhirnya kegiatan Bonding M to M, kiranya dapat menjadi langkah awal yang baik bagi para mentor dan mentee dalam bekerjasama bersama untuk meningkatkan hasil akademik masing-masing anggotanya. BINUS @Malang berkomitmen untuk peduli terhadap segala kesulitan akademik Mahasiswa/i dan membantu melalui berbagai program yang tersedia.

BINUS @Malang, Mbois!