Binusian Berprestasi: Free Yourself from Your Own Boundaries

Hi Binusian!

Sadar nggak kalau sering kali, hal yang membuat kalian berhenti dalam meraih sesuatu malah datang dari diri kalian sendiri, loh! Salah satunya adalah membatasi diri kalian untuk mencoba melakukan sesuatu karena mindset kalian yang sulit di ubah. Terkadang, sebelum suatu kesempatan ditawarkan kepada kalian, kalian sudah memblokirnya terlebih dahulu melalui pikiran kalian. Kata-kata seperti, “Ah, bidang ini nggak sesuai dengan kemampuanku”, atau “Aku kayaknya nggak bisa deh beradaptasi di lingkungan ini”, dan lain sebagainya berpotensi menjadi penghambat dalam mengembangkan diri kalian. Yuk, mulai sekarang think positively and have a healthy mindset!

Hal yang serupa juga disampaikan oleh dua orang mahasiswa dari jurusan Entrepreneurship Business Creation angkatan B25, yaitu Marvelous Nathanael dan Geacinta Renata D yang baru-baru ini mengukir prestasi dengan menjadi juara 1 dalam lomba advertising dalam Komunikasi Fiesta 2023 yang diadakan oleh Universitas Widya Mandala, Surabaya. Dalam lomba tersebut, Marvel berkata bahwa mereka dihadapkan dengan beberapa topik yang membuat mereka harus “Escape from their boundaries.” dan mengharuskan mereka untuk mengeksplor lebih lagi budaya-budaya Indonesia yang dapat digunakan dalam lomba tersebut. Hal yang serupa disampaikan oleh Gea, Ia mendapat banyak pengetahuan terkait budaya, yang menurutnya dapat membantu dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya yang ada kepada generasi muda.

Pengalaman Marvel dan Gea menjadi bukti bahwa mengikuti lomba merupakan salah satu cara agar kalian dapat “memaksakan diri” untuk keluar dari zona nyaman dan batasan-batasan diri. Hal ini tentunya sangat penting dilakukan mahasiswa/i untuk menambah kompetensi diri dalam mempersiapkan dunia kerja nanti.

Saat ditanya mengapa lomba itu sangat penting, Marvel menjawab bahwa alasannya simple, yaitu untuk di pamerin, dan untuk membanggakan orang tua. Namun tidak hanya itu, Gea menambahkan bahwa prestasi itu sangat penting untuk menambah value diri dan menambah kepercayaan diri. Jika kita percaya diri, tentu kedepannya akan lebih mudah untuk mendapat lebih banyak kesempatan lagi untuk mengasah skill yang kita miliki.

Pesan terakhir dari Marvel dan Gea bagi kalian para Binusian adalah stay competitive, ikutilah berbagai lomba, workshop, yang berhadiah maupun tidak, karena pada akhirnya itu akan berguna bagi pengalaman kedepannya yang berkaitan dengan dunia kerja.

Nah, keren banget kan prestasi dari teman kita, Marvel dan Gea?

Mulai sekarang, yuk bebaskan diri sendiri dari batasan-batasan, dan jangan pernah ragu untuk maju.

BINUS @Malang, Mbois!

Shannon Ariella Suhartono