Binusian Berprestasi: Balancing Your Academics with the Non-Academics

Hi Binusian, kembali lagi di artikel Binusian Berprestasi, nih!

Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendefinisikan orang yang berprestasi? Apakah menurut kalian berprestasi berarti orang yang pintar dalam pelajaran? Orang yang mencetak nilai sempurna saat ujian akhir? Atau orang yang lulus dengan gelar tertinggi?

Jika kalian berpikiran seperti itu, maka kalian adalah salah satu dari banyak orang yang masih belum memahami keberagaman arti dari berprestasi. Tapi tenang saja, yuk simak artikel ini sampai akhir agar kalian bisa lebih paham lagi!

Hingga saat ini, istilah berprestasi masih sangat lekat dengan bidang akademik saja. Padahal pada dasarnya, prestasi lebih dari sekedar bidang akademik, loh! “Knowledge without the Know-Hows means nothing.”, Kemampuan kalian dalam berbagai bidang lain seperti public speaking, berolahraga, bermain musik, membuat karya seni, dan hal-hal selain yang ada di text book kuliah kalian juga termasuk suatu prestasi, loh! 

Nah, tepat beberapa saat yang lalu SDC melakukan interview dengan Hajar Rega Risya, Mahasiswa Public Relations angkatan B26 yang menjadi juara 3 sekaligus Top Model di Mister Miss Icon Jawa Timur 2023. Dalam interview nya, mahasiswa yang kerap di panggil Regar menyampaikan bahwa selama mengikuti Mister Miss Icon Jawa Timur 2023, Ia mendapatkan banyak pengalaman yang berguna bagi dirinya di masa depan. Dalam lomba tersebut, Regar mendapat kesempatan untuk berlatih public speaking agar bisa lebih percaya diri di depan umum. 

Regar menyampaikan bahwa prestasi sangatlah penting bagi mahasiswa/i zaman sekarang. Menurutnya, prestasi itu tidak harus soal akademik saja, tetapi non-akademik juga sangatlah penting. Mengembangkan prestasi non-akademik juga sangat besar perannya untuk membantu kita mempersiapkan masa depan, loh! Sebagai contoh, dengan mengembangkan bakat non-akademik, kita bisa belajar cara bersosialisasi, mengatur waktu, dan melatih kerja sama. Oleh karena itu, penting untuk kita menyeimbangkan sisi akademik dan non-akademik kita agar memiliki bekal yang lengkap bagi masa depan.

Terakhir, Regar menambahkan bahwa melalui prestasi, Ia dapat memotivasi dirinya agar terus berkembang dan menjadi dampak yang baik. Hal ini sangat berhubungan dengan “Sense of accomplishment”, di mana kompetisi dapat dijadikan ajang pembuktian diri, yang pada akhirnya dapat memotivasi kita untuk menentukan arah kedepan yang paling baik. Regar berpesan bagi para Binusian agar tetap semangat menjalani perkuliahan dan jangan lupa untuk terus berprestasi, akademik maupun non-akademik karena dengan berprestasi, kita dapat membangun potensi dan kualitas diri.

Binusian, are you ready to rock the podium with your academic and non-academic skills? Tunjukkan bakatmu dan jadilah Binusian Berprestasi!

Shannon Ariella Suhartono