PEMBEKALAN KOORDINATOR DAN STAFF ORGANISASI KEMAHASISWAAN PERIODE 2023/2024

 

Keberlangsungan suatu organisasi akan bergantung pada pengurus yang ada di dalamnya. Pengurus juga menentukan keberhasilan organisasi melalui strategi dalam membuat perencanaan dan realisasi program, serta menjaga kerjasama yang terjalin antar anggotanya sehingga dapat menampilkan performa kerja yang optimal serta dapat mencapai tujuan. Di sisi lain, pengurus organisasi juga memiliki andil dalam pengembangan organisasi sehingga dapat membawa organisasi mencapai visi dan juga meraih berbagai prestasi di bidangnya masing-masing. 

Dalam pelaksanaan program kerja yang telah direncanakan, pengurus tidaklah luput dari berbagai permasalahan dan kesulitan. Hal ini menunut setiap pengurus organiasi untuk dapat peka dan secara tajam memahani berbagai permasalahan dan kesulitan tersebut. Selanjutnya, setiap pengurus dapat saling berkoordinasi untuk dapat memberikan berbagai alternatif solusi yang terbaik, kreatif dan tentunya bisa mengatasi permasalahan dan kesulitan yang dihadapi. 

Di samping itu, pengurus sebagai “motor” dalam sebuah organisasi perlu menjaga keselarasan dan komunikasi, baik dengan para pengurus lainnya dan juga para anggota organisasi. Hal ini membuat pengurus pun perlu mengembangkan jiwa kepemimpinan dalam dirinya. Oleh karena itu, diharapkan setiap pengurus di organisasi dapat memanfaatkan perannya untuk terus melatihan kepemimpinan dalam diri secara optimal. 

Oleh karena itu, Student Development Center mengadakan pembekalan melalui kegiatan LKMM Intermediate dengan tema “BOOSTING ORGANIZATIONAL SKILL”. LKMM Intermediate atau Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa tingkat menengah adalah sebuah pembekalan yang diadakan bagi para Koordinator dan Staff dalam kepengurusan di Organisasi Kemahasiswaan BINUS Malang yang dilaksanakan pada Selasa, 28 Maret 2023. Adapun kegiatan LKMM Intermediate ini dibawakan oleh Bapak Dr. Robertus Tang Herman., S.E.M.M. selaku Campus Director BINUS @Malang.

Melalui kegiatan LKMM Intermediate tersebut Bapak Robert menyampaikan agar setiap pengurus organisasi diharapkan dapat menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan dalam diri, mengembangkan kemampuan planning & organizing, mengidentifikasi permasalahan yang muncul dalam organisasi, serta menemukan alternatif solusi terbaik secara kreatif. 

Selain itu melalui kegiatan ini, peserta dapat mengembangkan Atribut BGA Applied Management Skills dan Growth Mindset.  

  • Applied Management Skills adalah kemampuan praktis untuk membangun komunikasi efektif dan untuk menampilkan kinerja terbaik, melalui perencanaan dan pengelolaan yang terstruktur dan sistematis. Di dalam AMS terdapat 2 keterampilan yang dikembangkan, yaitu komunikasi dan planning & organizing.
  • Growth Mindset adalah keyakinan bahwa kualitas pribadi dapat dikembangkan melalui upaya, strategi, dan bantuan dari orang lain.