#BINUSIANSEHAT : REKOMENDASI OLAHRAGA SAAT PUASA

Hi Sobat Binusian!

Bulan  Ramadhan akan datang lagi, seluruh sobat Binusian yang beragama Muslim tentunya akan melaksanakan ibadah berpuasa. Sobat Binusian perlu banget nih tau soal tips dan trik berpuasa agar tetap sehat

Jadi, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak menerapkan pola hidup sehat ya guys, Ada beberapa tips beberapa pola hidup sehat yang bisa dilakukan saat berpuasa dengan olahraga yakni : 

  • Latihan Jantung, dengan cara jogging, jalan cepat, dan bersepeda. 
  • Latihan Kekuatan dengan cara push up, sit up, back up, plank, dan squat
  • Latihan Kelenturan dengan cara yoga pilates ataupun latihan kelenturan sederhana seperti cium lutut atau peregangan yang mudah dilakukan lainya. 

Ada gak sih olahraga yang tidak direkomendasikan saat di bulan puasa? Tentu ada dong seperti berenang dan angkat beban. Hindari latihan angkat beban karena akan cenderung menguras energi yang akan berefek setelah pelaksanaan. Selain itu , hindari aktivitas berenang karena besar kemungkinan ketika berpuasa, air akan masuk ke mulut dan bisa membatalkan puasa.

Olahraga di saat bulan puasa tentu sangat bergantung pada kondisi masing-masing yang setiap orang memiliki batasan mereka. Tidak juga disarankan untuk memaksakan diri sendiri ketika melakukan olahraga di bulan puasa. Tentu waktu olahraga perlu diperhatikan untuk jangan terlalu lama dan jangan terlalu cepat. Standarnya lakukan olahraga setiap 3 –  5 kali dalam seminggu, dengan durasi 30-50 menit atau dalam seminggu total 150 menit sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh WHO. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga bisa juga dilakukan ketika saat menjelang berbuka atau menjelang mau sahur.

Sekian tips dan trik untuk menjalani puasa dengan pola hidup sehat ala Binusian! Semangat dan sehat selalu sobat Binusian! 

Author : Ardin Kharisma Wibowo (Visual Communication Department BINUS Malang – 2440064103)

Ardin Kharisma Wibowo