PEMBEKALAN KETUA ORGANISASI KEMAHASISWAAN 2023/2024 : LEADERSHIP DEVELOPMENT PROGRAM

Hi Binusian! 

Baru-baru ini team Student Development melaksanakan kegiatan Leadership Development Program yang diikuti oleh Ketua Organisasi Kemahasiswaan BINUS @Malang Campus yang telah diselenggarakan pada 1 Maret 2023.   

Adapun Organisasi Kemahasiwaan yang ada di BINUS Malang terdiri dari 6 Himpunan Mahasiswa Jurusan dan 20 UKM.  

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pembekalan kepada Ketua Organisasi mulai dari pemaparan materi Leadership, Manajemen OK, Community Service, Mental Health Awareness sampai dengan kegiatan bonding.  

Kegiatan Leadership Development Program ini dihadiri juga oleh Bapak Dr Robertus Tang Herman., S.E., M.M selaku BINUS @Malang Campus Director, dimana dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya Organisasi di kalangan mahasiswa untuk melatih softskill leadership ¸ dan manajamen skill yang dibutuhkan oleh seorang Ketua Organisasi Kemahasiswaan.  

Selain itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan adanya materi Leadership yang dibawakan oleh Bapak Miftahul Hamim., S.Pd., M.Pd selaku Student Development Asc. Section Head BINUS Malang. Di dalam materi tersebut disampaikan terkait pentingnya karakter yang baik sebagai Ketua Organisasi Kemahasiswaan.  

Kemudian dilanjutkan dengan adanya sesi Manajemen Organisasi Kemahasiswaan yang dibawakan oleh Kak Jesslyn Errysta, S.E selaku Student Development Staff. Pada sesi ini disampaikan terkait dengan panduan kepengurusan selama periode 2023/2024 yakni seperti ketentuan program kerja, monitoring laporan keuangan, dan masih banyak lainnya.  

Untuk mengembangkan awareness sebagai Ketua Organisasi Kemahasiswaan terhadap masyarakat, tentunya juga diberikan materi oleh Bapak Priskardus Hermanto Candra selaku Teach For Indonesia Officer BINUS @Malang. Di dalamnya disampaikan terkait dengan program kerja yang wajib dilaksanakan selama kepengurusan yakni Community Service.  

Disamping itu, team Student Development BINUS Malang juga memberikan pembekalan kepada Ketua Organisasi Kemahasiswaan BINUS Malang Periode 2023/2024 terkait dengan stress management.  Didalamnya disampaikan bagaimana seorang Ketua dapat mengatasi stress selama berorganisasi. Materi ini dibawakan oleh Kak Natasha Gandhi dan Kak Olivia dari sub unit Student Advisory and Service BINUS @Malang Campus 

Setelah materi disampaikan, Ketua Organisasi Kemahasiswaan BINUS @Malang Campus diarahkan untuk mengikuti kegiatan bonding . Didalam kegiatan ini, terdapat beberapa permainan leadership untuk mengasah komunikasi dan team-work. 

Kegiatan Leadership Development Program ini harapannya dapat memberikan dampak yang positif kepada Ketua Organisasi Kemahasiswaan BINUS Malang Periode 2023/2024 untuk mendukung kelancaran kepengurusan dan menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama kegiatan.