GAGASAN GREEN BUSINESS: INSIGHT BARU BAGI BINUSIAN DALAM MENYELAMATKAN LINGKUNGAN

Bumi sebagai tempat hunian yang nyaman bagi manusia saat ini mengalami kerusakan yang sangat parah. Pola hidup yang cendrung destruktif terhadap alam mendatangkan bencana bagi kehidupan manusia. Logika dominatif terhadap alam yakni melihat lam sebagai objek yang harus selalu dikeruk menjdikan manusia mempertahankan hidupnya (survive) dengan segala cara yang mendatangkan keuntungan sesaat. Kesadaran untuk menjaga ekosistem dan alam jauh panggang dari api.

Binus @Malang sebagai lembaga pendidikan yang membentuk para Binusian menjadi generasi penerus memiliki kesadaraan akan kelestarian ini. Dengan visi Binus bahwa satu dari tiga orang lulusan Binus bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur yang sukses maka para Binusian diarahkan dan didorong untuk memiliki kesadaran terhadap lingkungan manakala mereka memiliki usaha untuk menunjang kehidupan bersama.

Untuk tujuan tersebut maka melalui TFI para Binusian diberikan kesadaran melalui seminar session (13/12/2022) yang bertajuk How to Create Eco Green Business. Seminar ini menghadirkan narasumber Cyndi Aisyah Vuri, Founder dan Owner Estri Eco Bulk Store. Dengan pengalamannya membuka toko dan mengembangkan bisnis yang ramah lingkungan Cyndi mengajak para Binusian untuk melihat peluang-peluang usaha baru di masa mendatang dalam membentuk bisnis. Bisnis yang baik adalah bisnis yang tidak membuat lingkungan bertambah rusak sebab selain menjaga keutuhan ciptaan bisnis yang ramah lingkungan merupakan ajakan agar bisnis hijau menjadi gaya hidup banyak orang, demikian kata Cyndi.

Dalam seminar ini para Binusian yang memenuhi aula Binus Malang bertanya terkait berbagai hal yang membuka insight baru bagi mereka sebagai calon entrepreneur muda untuk membuka bisnis yang berkesinambungan dan ramah lingkungan.  Dalam sambutan pembuka, Ichan Candra selaku PIC TFI Binus Malang mengharapkan agar para Binusian menjadikan moment ini sebagai kesempatan untuk belajar sekaligus menemukan pola bisnis baru yang bersahabat dengan lingkungan untuk mengaktualisasikan ilmu yang didapatnya di kampus.