LEARNING OBJECT: Mind Map for Success (Versi Indonesia)

MIND MAP FOR SUCCESS
Oleh : Susanto
Student Advisory & Support Section Head
Academic & Student Development

Pernahkah kamu mendengar Mind Map? Buat kamu yang sering merasa kesulitan dalam belajar, Mind Map bisa membantu kamu dalam proses belajar. Teknik yang awalnya diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog asal Inggris ini, adalah sebuah teknik merangkum informasi yang lebih mudah dan efektif dibanding mencatat informasi secara tradisional.

Teknik Mind Map mengkombinasikan otak kiri dan otak kanan dalam mengolah informasi, yaitu dengan mengkombinasikan gambar, warna, dan bentuk-bentuk. Dengan cara kreatif ini, dijamin lebih ampuh untuk memahami maupun menghafal materi pelajaran. Apa saja ya kelebihan-kelebihan belajar menggunakan metode Mind Map?

Manfaatnya bagi Saya
Teknik Mind Map telah terbukti dapat membantu seseorang lebih mudah mengingat/menghafalkan informasi, mengenali informasi-informasi kunci/penting, membuat keputusan, dan menyusun rencana. Selain itu, Teknik Mind Map dapat meningkatkan kreativitas seseorang.

Berikut ini beberapa manfaat utama yang diperoleh seseorang jika ia menerapkan Teknik Mind Map :
1. Membantu presentasi menjadi lebih jelas dan ringkas (Paykoc et al, 2004)
2. Meningkatkan kemampuan menulis, mind map mempermudah mendapatkan ide dengan lebih detail dan terstruktur. (Al-Jarf, 2009)
3. Meningkatkan memory belajar sebesar 32% dibanding mencatat secara konvensional. (Toi, 2009)

Daripada penasaran, yuk coba buat Mind Map versi kamu sendiri.

Mari kita mulai!

1. Memulai ide dari tengah
Mulailah dengan menuliskan topik utama yang ingin kamu mulai di bagian tengah halaman kertasmu. Selain itu, kamu bisa memulai topik ini dengan gambar ataupun warna yang sesuai dengan topikmu sehingga memicu pikiran untuk lebih mudah membayangkan topik yang akan kamu kerjakan.

2.Buatlah cabang-cabang
Langkah berikutnya ialah membiarkan idemu mengalir dengan menambahkan cabang-cabang dari topik utama yang kamu tuliskan di tengah halaman tadi.

3. Tambahkan kata-kata kunci
Untuk setiap cabang tadi, tambahkan kata kunci terkait topik utama. Tuliskan kata-kata kunci ini sesingkat dan sesederhana mungkin agar lebih mudah bagimu untuk mengingatnya nanti.

4. Berikan Warna Pada Cabang-Cabang
Kamu dapat menggunakan warna-warna yang berbeda untuk setiap cabang atau anak cabang sesuai minatmu. Penggunaan warna akan mempermudahmu mengingat informasi yang telah dituliskan tersebut.

5. Menambahkan Visual Bermakna (Contoh : Gambar)
Langkah terakhir ialah berikan gambar atau visual lainnya untuk membantu pikiran kita untuk mengekspresikan informasi-informasi yang lebih kaya daripada kata-kata apaupun kalimat panjang.

Yuk, langsung coba Mind Map versi kamu. Dengan membiasakan diri membuat Mind Map, cara kamu berpikir akan menjadi terstruktur sehingga akan lebih mudah memahami pelajaran atau topik yang sulit. Belajar akan jadi lebih menyenangkan.

Be Creative and Happy Learning! 🙂

Sumber:

  • Toi, H (2009), ‘Research on how Mind Map improves Memory’. Paper presented at the International Conference on Thinking, Kuala Lumpur, 22nd to 26th June 2009.
  • Al-Jarf, R. (2009), ‘Enhancing Freshman students’ Writing Skills with a Mind Mapping software’. Paper presented at the 5th International Scientific Conference, eLearning and Software for Education, Bucharest, April 2009.
  • Paykoç, F., Mengi, B., Kamay, P. O, Onkol, P., Ozgur, B., Pilli, O. and Yildirim, H. (2004), ‘What are the Major Curriculum Issues?: The Use of MindMapping as a Brainstorming Exercise’. Paper presented at the First Int. Conference on Concept Mapping, Spain, 2004.

Catatan!​

  1. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai topik, lihat video ini : (Part 1) https://bit.ly/mind-map-part1 , (Part 2) https://bit.ly/mindmap-part2 , (Part 3) https://bit.ly/mindmap-part3

  2. Untuk mendapatkan point SAT, kamu dapat menyelesaikan tugas dari link berikut ini: https://bit.ly/Assignment-MINDMAP

  3. Selanjutnya, kamu bisa mengirimkan tugasmu ke link berikut : https://bit.ly/UpLoad-Assignment-LearningObject

 

Created by : Student Development Center