Learning Object: Cara – Cara Sederhana Sukses Dalam Studi

Cara – Cara Sederhana Sukses Dalam Studi 

Dr. Meilani Hartono, S.Si., M.Pd. 

Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

Sampai saat ini, kata “ujian” selalu menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa. Waktu ini terkesan menjadi penentu atas semua perjuangan yang telah dilalui selama satu semester. Padahal, mahasiswa mengetahui bahwa hakikat ujian sebagai sebuah evaluasi dan umpan balik tidak hanya untuk mahasiswa, tetapi juga untuk pengajaran dosen sebagai penyampai materi. Oleh karena itu, ujian tidak lagi menjadi penentu utama bagi mahasiswa untuk mendapatkan nilai yang bagus,  tetapi menjadi dasar penilaian bagi dosen untuk menentukan standar minimal penilaian.

Jadi, apa yang seharusnya mahasiswa lakukan untuk bisa memperoleh nilai yang baik ketika kuliah jika bukan menjadi bahan penilaian utama? Tenangkan pikiranmu. Dalam artikel ini, saya akan menyajikan beberapa hal-hal penting yang harus dipenuhi oleh mahasiswa ketika kuliah dan apa saja yang harus disiapkan saat akan menghadapi ujian. 

Apa yang semestinya Anda lakukan selama perkuliahan berlangsung? 

Ternyata, hampir kebanyakan dosen menjadikan proses perkuliahan sebagai hal yang sangat penting untuk memberikan penilaian bagi mahasiswa. Hal ini, menurut Wawan dalam jurnalnya yang berjudul “Pemanfaatan Hasil Evaluasi Perkuliahan Untuk Perbaikan Mutu Perguruan Tinggi”, menjelaskan bahwa dosen dapat meningkatkan perkuliahannya melalui observasi yang mendalam, mengumpulkan umpan balik atas proses belajar mahasiswa, dan menggali pengetahuan bagaimana para mahasiswa belajar sehingga proses perkuliahan menjadi sangat penting bagi seorang dosen. 

Berikut beberapa tips agar proses perkulihan bisa mendapatkan penilaian yang baik dari dosen: 

Apa yang seharusnya Anda lakukan saat menjelang ujian dan ujian berlangsung? 

Mungkin sering kali Anda merasa bahwa dengan mengikuti proses perkuliahan dengan baik, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Ada perbedaan antara hasil yang memuaskan dan hasil yang maksimal. Tentunya, kata memuaskan bisa diartikan lulus dengan nilai C. Apakah hal ini sudah benar-benar maksimal hasilnya? Kita perlu merefleksikan makna nilai A+ sehingga harus memikirkan bagaimana strategi yang tepat agar bisa mencapai nilai maksimal tersebut. 

Berikut ada beberapa cara yang harus kamu terapkan jika ingin mendapatkan hasil ujian yang maksimal dan pasti akan memuaskan! 

Katanya ada HOAX selama perkuliahan dan Ujian? 

Saat ini masih banyak dari mahasiswa mempercayai informasi-informasi yang tidak benar dan akhirnya bisa merugikan mereka ketika kuliah. Apa saja informasi-informasi yang harus dihindari dan jangan dipercaya agar bisa mendapatkan hasil yang baik selama perkuliahan? 

Berikut seputar HOAX yang sering tersebar di kalangan mahasiswa dan perlu diwaspadai! 

Referensi :

Wawan S.Suhennan.2003.Pemanfaatan Hasil Evaluasi Perkuliahan Untuk Perbalkan Mutu Perguruan Tinggi. Cakrawala Pendidikan. Volume 1. di akses pada: https://media.neliti.com/media/publications/87240-none-ad134c88.pdf pada tanggal 4 Mei 2020, pukul 13.21

Catatan!​

  1. Untuk mendapatkan point SAT, kamu dapat menyelesaikan tugas dari link berikut ini: https://bit.ly/Assignment-ExamStrategy

  2. Selanjutnya, kamu bisa mengirimkan tugasmu ke link berikut :  https://bit.ly/UpLoad-Assignment-LearningObject