WORKSHOP PUBLIC SPEAKING SERIES ‘BE A GREAT PRESENTER’

Program Development Center (PDC) Binus Square kembali melanjutkan seri Level Intermediate Workshop Public Speaking pada hari Kamis, 21 November 2019. Pada workshop Level Beginner, trainer menjelaskan hal-hal yang perlu disiapkan oleh seorang presenter untuk menguasai panggung maka pada workshop kali ini, trainer akan mengajak peserta untuk memahami peran penting dari Body Language & Voice Projection untuk mendukung aktivitas seorang presenter. Kali ini trainer Public Speaking level Intermediate dibawakan Kak Yan Andre Peranginangin selaku Manager Student Development Center (SDC).

Di awal sesi, trainer memperagakan sebuah adegan dan memberikan pertanyaan sambil melakukan body language yang tidak wajar dan bertanya kepada peserta apa yang diingat dari adegan tersebut. Beberapa peserta menjawab gesture tangan trainer yang berlebihan dan ada juga yang menjawab perbedaan intonasi suara yang berbeda. Lalu trainer menjelaskan lebih lanjut mengenai peran body language dalam presentasi dan komponen-komponen body language yang perlu diperhatikan oleh seorang public speaker diantaranya kontak mata, ekspresi wajah, gestures dan postur tubuh. Setelah itu, trainer mengajak peserta untuk melatih vokal dalam mempersiapkan presentasi dan dilanjutkan peserta membawakan presentasi yang sudah mereka siapkan selama 3 menit.

Di akhir sesi, trainer mengingatkan kepada peserta bahwa body language dan teknik vokal merupakan aspek yang cenderung tidak mudah untuk dikontrol ketika presentasi. Oleh sebab itu sebagai presenter harus sering berlatih di depan kaca agar dapat memonitor body language. Dengan melihat kaca, kita mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kelemahan kita agar dapat segera diperbaiki. Setelah menjelaskan semua materi, trainer dan semua peserta berfoto bersama.