Training Team Leader BSSC Wonder 2019

Training Team Leader BSSC Wonder dilaksanakan setiap tahunnya. Team Leader adalah sebutan bagi Boarder senior yang akan membantu Boarder baru dalam beradaptasi di lingkungan BINUS Square. Tujuan diadakannya kegiatan training ini adalah memberikan pembekalan soft skill mengenai Leadership dan Team Work kepada para Team Leader agar pada saat bertugas nanti, mereka mampu mengarahkan Boarder baru mengikuti acaranya dengan perasaan senang dan juga bisa bekerja sama dengan panitia BSSC Wonder 2019 dengan baik. Oleh karena itu, Program Development Center (PDC) BINUS Square mengadakan Training Team Leader BSSC Wonder 2019 pada hari Selasa, 27 Agustus 2019.

Training diadakan selama satu hari dengan diawali pemberian materi ‘How to be a Good Leader’ oleh Kak Harinto Yudho Hutomo dari Student Development Center (SDC) BINUS University dilanjutkan kegiatan Outbound yang dibawakan oleh tim PDC. Pada materi ‘How to be a Good Leader’, peserta diminta untuk mengisi kuis tentang tipe Leadership. Dari hasil kuis, peserta mengetahui tipe leadership yang dimilikinya kemudian belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang yang berbeda. Selain itu juga, Kak Yudho mengajak peserta menonton video inspiratif yang memiliki pesan bahwa untuk mengubah dunia, peserta harus mengubah cara penyampaian.

Pada sesi Outbound, peserta terbagi dalam sebuah kelompok untuk memainkan 3 pos kecil dan 1 pos besar yang sudah disiapkan oleh fasilitator dari PDC BINUS Square. Pada tiap pos kecil akan terdapat dua kelompok yang saling berkompetisi mengumpulkan poin terbanyak.

Setelah pos kecil selesai dimainkan, fasilitator mengarahkan semua peserta menuju lapangan basket untuk melakukan permainan di pos besar. Pada pos terakhir ini, seluruh peserta berusaha menyelesaikan misi yang harus dilakukan bersama-sama yakni menyalakan lilin kecil dengan hanya menggunakan tali dan lilin yang telah disiapkan oleh panitia. Setelah beberapa kali mencoba, peserta akhirnya bisa menyalakan lilin kecil secara bersama-sama.

Dari pelaksanaan training Team Leader BSSC Wonder 2019 ini diharapkan semua Team Leader dapat belajar menjadi leader yang baik bagi boarder baru, bisa bekerja sama dengan orang lain, menyampaikan informasi dengan baik dan fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai bersama. Di akhir kegiatan, seluruh peserta training berfoto bersama dengan tim PDC.