People Innovation Excellence

TFI – Kobarkan Semangat Kepahlawanan untuk Indonesia Sejahtera

Sabtu, 15 November 2018

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Teach For Indonesia, Bina Nusantara menyelenggarakan sebuah acara bersama para prajurit TNI di Batalyon Arhanudri 1/1 Kostrad Serpong, Tangerang. Acara ini merupakan sebuah kegiatan kolaborasi yang bertujuan untuk meningkatkan semangat kami anggota Teach For Indonesia, volunteer yang terdiri dari mahasiswa Bina Nusantara, serta para prajurit TNI sendiri dalam mengobarkan semangat kepahlawanan untuk Indonesia sejahtera. Oleh karena itu, Teach For Indonesia memilih sebuah tema yang memiliki makna serupa, yakni “Kobarkan Semangat Kepahlawanan untuk Indonesia Sejahtera”. Selanjutnya, terdapat empat kegiatan utama dalam kebersamaan ini, antara lain senam pagi; lomba menghias cupcake; lomba menebak bumbu dapur; dan bazar sembako murah.

Acara ini dimulai dengan memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa, di mana para volunteer dan prajurit TNI sudah berkumpul di tengah lapangan. Selanjutnya dilanjutkan dengan kata sambutan dari pihak Teach For Indonesia dan TNI. Setelah selesai sambutan, tanpa berlama-lama lagi, senam pagi dimulai dengan iringan musik. Tidak lupa untuk saling mengenal satu sama lain antara pasukan TNI dengan para volunteer TFI.

Setelah senam pagi selesai, dua kegiatan utama berikutnya segera dimulai, yaitu lomba menghias cupcake untuk ibu-ibu dan anak-anak serta lomba menebak bumbu dapur untuk para prajurit TNI. Aturan bermain untuk lomba menghias cupcake dijelaskan oleh panitia, yaitu untuk masing-masing kelompok yang terdiri dari 2 orang, harus menghias cupcake. Waktu yang diberikan untuk menghias cupcake adalah 5 menit. Para peserta hanya boleh menghias cupcake menggunakan alat dan bahan yang sudah disediakan oleh panitia. Masing-masing ronde dijalankan dengan kelompok yang berbeda. Dari masing-masing ronde akan dipilih 1 pemenang berdasarkan keputusan juri yang bersifat mutlak dengan mempertimbangkan beberapa komponen penilaian.

Setelah itu, dilanjutkan lomba menebak bumbu dapur untuk para prajurit TNI. Aturan bermain untuk menebak bumbu dapur adalah setiap peserta wajib menggunakan penutup mata. Setiap peserta diberikan waktu sebanyak 5 menit untuk menebak 10 bumbu dapur yang telah disediakan oleh panitia, peserta boleh mengendus, meraba, dan yang lainnya namun tidak boleh melihat. Jenis bumbu dapur yang disediakan oleh panitia akan berbeda setiap rondenya. Dari masing-masing ronde yang terdiri dari 5 peserta, akan dipilih 1 pemenang berdasarkan banyaknya tebakan yang benar. Jika terdapat 2 orang atau lebih yang jumlah tebakan benarnya sama, maka akan dilihat dari waktunya siapa yang lebih cepat menyelesaikan lomba.

Kegiatan terakhir yang paling ditunggu orang tua atau ibu-ibu dari anak-anak ini adalah bazaar sembako murah, di mana terdapat 2 paket sembako. Paket pertama yang berisi minyak, gula, mie instan, deterjen, kecap, tepung, sabun cuci piring hanya seharga Rp 50.000. Paket kedua berisi mie instan, deterjen, kecap, tepung, sabun cuci piring hanya seharga Rp 40.000.

 

Akhirnya berakhirlah seluruh rangkaian acara kebersamaan antara Teach For Indonesia dengan prajurit TNI di Batalyon Arhanudri 1/1 Kostrad Serpong, Tangerang. Together We Can Change Indonesia.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close